Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

‘Serangan’ Algae Diduga Sebagai Penyebab Matinya Jutaan Ikan di Pantai Ancol

95
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jutaan ikan mati dan terdampar di Pantai Ancol. Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta sudah mengambil sampel beberapa ikan yang mati dan air di Pantai Ancol untuk diteliti.

Menurut analisa sementara seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni Taseda, kepada merdeka.com, Rabu (1/12/2015) kepada wartawan, ada tiga hal yang menyebabkan ikan-ikan itu. Dugaan pertama kali naiknya sedimen bawah laut akibat perbedaan suhu yang tinggi.

“Jadi sedimen yang berupa endapan sulfur dan fosfor naik dan meracuni ikan-ikan itu,” tambahnya.

Dugaan lagi karena Blooming Algae di mana terjadi perubahan oksigen antara Alga dan ikan sehingga ikan kalah. Serta dugaan lain bisa karena pencemaran air.

Dosen Ahli Perikanan, Hawis H. Madduppa, punya pendapat serupa terkait dengan kematian ikan di dekat Pantai Ancol. Menurutnya, hujan deras belakangan ini diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya kematian ikan di sepanjang jalur Pantai Ancol. Derasnya hujan yang melanda daerah-daerah hulu, seperti Bogor,  memunculkan dugaan limpasan air dari sungai membawa polutan. Apalagi ada 13 sungai yang melintasi Jakarta dan bermuara di Laut Jawa.

Air laut yang dikabarkan berubah warna menjadi cokelat dikatakan Hawis adalah ciri-ciri saat limpasan sungai terbawa ke laut.

Selain hujan, kemungkinan matinya ikan bisa saja disebabkan oleh fenomena blooming algae. Peristiwa ini bukan satu dua kali terjadi di Jakarta. Menurut Hawis, tahun lalu peristiwa ini juga sempat melanda Jakarta. Pada kondisi tersebut, populasi alga berkembang pesat. Populasi alga ini kemudian memanfaatkan oksigen sehingga biota lain kekurangan oksigen.

Namun Hawis mengatakan ini hanyalah analisisnya. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebab sebenarnya dari matinya jutaan ikan di perairan Ancol.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin (30/11/2015) dinihari, petugas menemukan ikan mati di sepanjang Pantai Ancol mulai jimbaran. Jenis ikan mati yang telah membusuk itu, antara lain bandeng, ketang-ketang, belanak, dan kakap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: