Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bahaya Gadget Bagi Anak: dari Obesitas Hingga Gangguan Mental

337
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Parents, kalau selama ini Anda pikir gadget adalah ‘dewa penolong’ Anda untuk membuat si kecil ‘anteng’ di rumah. Maka Anda salah besar! Di balik antengnya si kecil saat bermain gadget berjam-jam, tersimpan resiko mengerikan untuk keseatan fisik dan mental si kecil.

Meski saat ini penggunaan gadget sudah mewabah, ada baiknya tetap mewaspadai risiko yang ditimbulkannya terhadap kesehatan mental dan fisik, khususnya bagi anak:

Radiasi berbahaya.

Pengaruh gadget buat anak yang pertama yaitu bahaya paparan radiasi. Menurut sebuah riset, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi gadget sangat beresiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.

Kecanduan.

Kecanduan gadget pada anak-anak akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.

Penelitian Rutgers University menunjukkan, BB, misalnya, memicu ketergantungan dan membuat penggunanya memerlukan terapi setara dengan terapi ketergantungan obat-obatan. Terbiasa selalu mengecek pesan atau email, dan kemudahan terhubung dengan internet membuat penggunanya tanpa sadar selalu terdorong untuk membuka BB, berharap menerima pesan atau email yang menyenangkan.

Hambatan terhadap perkembangan.

Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Hal ini karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan.

Gangguan mental.

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.

Obesitas. 

Selain menghambat pertumbuhan, anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini karena anak-anak cenderung kuramng gerak sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang mempercepat kenaikan berat badan secarac berlebihan.

Insomnia,

Sebaiknya Anda tidak memberikan gadget pada anak di malam hari. Hal ini karena bisa mengakibatkan gangguan tidur sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Permainan game di dalam gadget biasanya membuat anak lebih asik sehingga waktu tidurnya terganggu. Insomnia juga menyebabkan sakit kepala dan sulit konsentrasi.

Pengaruh tayangan

Terkadang tanpa Anda sadari anak-anak membuka Youtube yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya untuk mereka lihat. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet pada waktu si kecil menggunakan gadget.

Apakah Anda masih bangga, si kecil ‘anteng’ berjam-jam karea gadget?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: