Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Camilan yang Bikin Jantung Sehat

310
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jantung adalah salah satu organ paling vital bagi manusia. Olahraga tentu merupakan ssalah satu kunci kesehatan jantung. Namun, asupan makanan yang sehat juga merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan jantung.

Ternyata makanan menyehatkan tidak selalu membosankan dan tidak enak. Banyak loh makanan sehat yang ternyata sangat kita sukai. Seperti dilansir dari Eathis, 5 camilan enak ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda:

Dark Chocolate

Berbagai studi telah menemukan aneka manfaat baik dari bahan makanan yang terdiri dari 74 persen atau lebih cocoa atau kakau ini untuk kesehatan kardiovaskular dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Seperti studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Circulation Heart Failure yang menemukan wanita yang mengonsumsi dark chocolate dua kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen. Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan polifenol dan flavanol mengandung senyawa peradangan yang membantu melindungi jantung.

Edamame

Camilan sejenis kacang kedelai  ini mengandung magnesium, folat, dan kalium yang berkhasiat membantu menurunkan tekanan darah dan juga mendukung kesehatan jantung. Edamame juga mengandung serat yang membantu melindungi jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi resesor low-density lipoprotein (LDL), yang bertindak seperti penjaga untuk menarik kolesterol jahat dalam darah.

Tomat

Tomat merah kaya likopen, yaitu fitonutrien bersifat antioksidan yang jumlahnya bisa meningkat setelah dimasak. Kehadiran zat likopen ini ternyata bermanfaat meningkatkan pelebaran darah pada pasien penyakit kardiovaskular.

Kacang kenari

Kacang yang suka dijadikan topping dalam cake ini kaya antioksidan dan asam lemak omega 3 yang signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan konsumsi satu ons kacang kenari lima kali dalam seminggu, dikatakan akan dapat membantu memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Kacang tanah rebus

Camilan murah meriah ini  mengandung resveratrol, fitonutrien baik untuk jantung yang juga ditemukan dalam anggur merah, lima kali lebih banyak daripada kacang saat mentah. Resveratol ini terdapat pada kulit ari kacang yang berwarna kemerahan saat direbus, yang biasanya kita buang ketika dimakan mentah.

Kacang rebus juga mengandung lebih sedikit kalori dan sedikit lemak daripada kacang saat mentah dan dipanggang kering. Kacang juga kaya serat dan lemak sehat yang bisa membantu melawan peradangan dan membantu pencernaan.

Nah, mulai sekarang, ganti camilan Anda dengan camilan sehat agar jantung Anda sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: