Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

DKI Berniat Beli Gedung Kedubes Inggris untuk Dijadikan Taman Kota

327
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berminat membeli lahan bekas Kedutaan Besar Inggris di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Rencananya, lahan itu akan dijadikan taman. Pasalnya, Kedutaan Besar Inggris kini sudah pindah ke Kuningan, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) sendiri sudah menganggarkan Rp 500 miliar kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk membeli lahan bekas gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris tersebut. Sedianya, Ahok mengajukan anggaran tersebut kepada PT MRT Jakarta.

“Sekarang kami putuskan yang beli (lahan bekas gedung Kedubes Inggris) itu Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI,” kata Basuki seusai bertemu Duta Besar Inggris Moazzam T Malik, di Balai Kota, Senin (7/12/2015).

Meski demikian, Basuki meminta Dinas Pertamanan DKI untuk melakukan tawar-menawar dan melalui proses appraisal (harga taksiran) terlebih dahulu.

Sementara pihak Kedubes Inggris menyepakati pembelian lahan sesuai harga pasar. Rencananya, pembelian lahan dianggarkan pada APBD 2016.

Begitu kedua belah pihak sepakat nilainya, pembelian lahan akan menggunakan APBD Perubahan 2016. Rencananya lahan itu akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH).

Sebenarnya, ide pembangunan taman di Bundaran HI sudah diusulkan oleh Presiden pertama RI, Soekarno. Namun, baru akan terlaksana tahun 2016 nanti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: