Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi Gejala Flu yang Mengganggu dengan 7 Langkah Ini!

328

fluJakartakita.com – Gejala flu yang disertai dengan batuk dan pilek adalah masalah kesehatan yang sering muncul di musim seperti ini. Flu disebabkan oleh virus yang menyerang akibat daya tahan tubuh kita menurun. Suasana dingin membuat kekebalan tubuh menjadi tidak stabil.

Sebetulnya, Anda tidak perlu buru-buru mengkonsumsi obat apalagi antibiotik saat gejala flu datang. Lagipula, obat tak mampu mengusir virus bila antibodi Anda sedang drop. Maka yang harus Anda lakukan saat flu menyerang adalah meningkatkan kekebalan tubuh Anda yang sedang drop.

Agar flu tidak menganggu aktivitas Anda dan menulari banyak orang, lakukan langkah berikut ini di rumah!

1. Istirahat total. Dengan mengistirahatkan tubuh secara total dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda yang melemah. Usahakan agar tubuh Anda tetap hangat, gunakan selimut dan bila perlu oleskan minyak kayu putih ke tubuh Anda.

2. Perbanyak makan buah dan sayur! Buah dan sayur yang kita konsumsi efektif meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang sedang drop. Sebab, asupan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur sangat diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

3. Berkumur dengan air garam. Ambil 250ml air hangat dengan sesendok makan garam. Kumur-kumur dengan larutan tersebut untuk mengurangi rasa tak nyaman pada tenggorokan akibat radang.

4. Minum air jeruk lemon hangat.  Larutan obat juga bisa dibuat dari campuran air hangat dengan jus perasan lemon, tambahkan madu sebagai pemanis.

5. Ambil satu siung kecil bawang putih dan kunyah dengan air hangat.

6. Minum air jahe hangat. Membuat minuman dari jahe juga akan membantu melegakan saluran napas yang biasanya menjadi gejala pilek dan batuk.

7. Terapi uap tradisional.

Terapi uap dapat meringankan sakit flu karena dapat membuat hidung yang mampet menjadi plong. Caranya yaitu dengan menyiapkan air pada wadah kecil atau baskom yang diberi campuran bahan rempah seperti minyak kayu putih, jahe, atau kunyit sehingga dapat membantu meringankan flu.

Uapkan wajah Anda pada baskom atau wadah yang berisi air panas tadi. Tutup kepala menggunakan handuk agar uap tidak keluar dan hasil lebih maksimal. Cara tradisional ini dapat meringankan flu berat yang Anda derita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: