Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gerhana Matahari Total Masih Maret 2016, Kamar Hotel di Ternate Sudah “Fully Booked”

300
foto: earthsky
foto: earthsky

Jakartakita.com – Sejak tersiarnya informasi bahwa pada 9 Maret 2016 mendatang, Gerhana Matahari Total akan terjadi dan melintasi Kabuapeten Halmahera Utara, ribuan calon wisatawan sudah menyatakan keinginannya datang ke pulau tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara (Malut) Samin Marsaoly bahkan mengatakan, khusus di Kota Ternate, jumlah wisatawan yang telah menyatakan keinginan untuk datang menyaksikan gerhana matahari total di daerah ini, sudah memesan kamar hotel sejak Agustus lalu.

Seperti dilansir dari Antara, Samin mengatakan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Malut untuk menyaksikan gerhana matahari total jelas merupakan berkah bagi daerah itu. Karena selain akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, juga menjadi momentum yang paling efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata setempat.

Selain wisatawan, puluhan ilmuwan khususnya dari Perancis juga akan berkunjung ke Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Malut. Para ilmuwan itu datang untuk menyaksikan gerhana matahari total sekaligus melakukan penelitian terhadap peristiwa alam yang langka itu.

Pemerintah Maluku Utara juga telah menyiapkan sejumlah spot yang diperkirakan akan menjadi titik munculnya GMT 2016. Untuk Ternate ada empat yakni pertama dari jalan Pahlawan Revolusi hingga kantor eks Gubernur lalu ada pula di Taman Nukila hingga Masjid Al Munawar, selanjutnya di Stadion Gelora Kie Raha, terakhir di Kedaton Ternate. Sisanya ada di Jailolo, lalu di Kesultanan Keraton Tidore serta di So Vivi.
Hotel-hotel di spot tersebut rata-rata sudah ‘fully booked’. Untuk Malaysia sudah booking di Hotel Bukit Pelangi, Jepang di dekat Stadion Gelora Kie Raha, lalu ada Jerman, Australia dan Amerika di dekat Taman Nukila.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: