Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Traveling ke Raja Ampat Hanya Rp 5 Juta? Bisa Banget! Ini Caranya….

551
pulau-wayag-wisata-raja-ampat-papua-barat
foto : istimewa

Jakartakita.com – Banyak orang beranggapan traveling keberbagai penjuru dunia memerlukan biaya yang mahal.

Anggapan seperti itu bisa jadi benar, karena untuk berpergian saja pasti butuh biaya. Perlengkapan-perlengkapan berpetualang juga bukan barang-barang yang murah. Ransel, peralatan masak, sepatu trek, jaket waterproof/windproof, hingga GPS.

Biaya yang mahal tentu bukan menjadi halangan untuk seseorang yang mempunyai niat. Terlebih untuk orang-orang yang memang memiliki passion untuk berpetualang, mereka akan menemukan bagaimana caranya agar bisa traveling.

Dalam konteks ini, destinasi ke Raja Ampat, bisa jadi bukan lagi sebuah mimpi untuk dilakoni bagi traveler yang memang ingin menginjakan kaki di tanah Papua tersebut. Apalagi jika ada wacana untuk ke Raja Ampat ‘bisa banget’ dengan bujet Rp 5 Juta!?

Tapi tentu saja, semakin panjang waktu liburanmu maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan. Makanya, kamu harus tetap bijak dalam menekan pengeluaran.

Dengan bujet sekitar Rp 5 juta—belum termasuk makan—kamu bisa melihat indahnya surga dunia di Indonesia selama 5 hari 4 malam!

Gimana caranya? Yuk, coba trik ala PegiPegi.com berikut ini:

kepulauan-raja-ampat-papua barat
foto : istimewa

Ajak teman sebanyak mungkin

Berhubung Raja Ampat adalah kawasan perairan, tentu saja alat transportasinya pun mayoritas angkutan laut. Mulai dari perahu bermotor, ferry, kapal, sampai speedboat, semuanya punya daya tampung yang cukup banyak. Begitu pun dengan tempat penginapan yang berkonsep homestay, bisa diisi sampai lima orang dalam satu rumah.

Nah, supaya harga sewanya nggak mencekik leher, jumlah orang dalam rombonganmu harus banyak juga. So.., biaya yang harus dikeluarkan masing-masing orang jadi lebih ringan. Idealnya, ada 6-10 orang dalam satu rombongan.

Hunting tiket murah

Buat travelers yang memang semangat banget ingin ke Raja Amapat, harus sering-sering cek promo tiket pesawat. Rajin buka website tiap maskapai penerbangan yang punya jadwal ke Sorong, dan follow semua akun media sosialnya supaya tetap update.

Sebagai perkiraan harga, jika kamu berangkat dari Jakarta maka maskapai yang melayani rute Jakarta–Sorong, adalah Sriwijaya dan Lion Air. Bisa juga transit dulu di Makassar atau Manado, lalu terbang ke Sorong. Hindari perjalanan di bulan November-Januari karena biasanya cuacanya buruk, tuh.

Begitu sampai, lanjut perjalanan ke Waisai dengan speedboat Marina Express bertarif Rp 120.000*, lalu naik ojek ke pusat kota dengan tarif Rp 10.000*.

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membeli bekal makanan dulu, karena harganya akan melonjak di Waisai. Nah, sesampainya di Wasai kamu bisa bermalam dulu untuk esoknya melanjutkan perjalanan, tarif menginap kisaran Rp 250.000* – Rp 350.000*.

Tentukan tempat menginap 

Setelah dapat tiket promo ke Sorong, jurus selanjutnya adalah hunting tempat menginap. Nah, buat travelers yang bujetnya terbatas sebaiknya memilih lokasi di Sawinggrai, Yenbuba, atau Arborek. Di sini ada beberapa homestay, penginapan, dan kamar yang disewakan oleh penduduk dengan fasilitas cukup memadai. Umumnya tarif berkisar antara Rp 300.000* – Rp 500.000*.

Nah, kalau kamu sharing cost bareng rombongan, pasti lebih murah, kan? Misalnya, homestay Rp 500.000/malam, jika dibagi lima orang dalam satu rumah maka hanya perlu membayar Rp 100.000/malam/orang. Uang lebihnya bisa untuk sewa alat snorkeling, deh!

Jangan langsung bayar, tawar!

Siap bertualang menikmati keindahan Raja Ampat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyewa perahu bermotor atau speedboat. Umumnya, kapasitas dapat menampung sekitar 6–10 orang, maka usahakan jumlah orang dalam rombonganmu mencapai angka tersebut.

Begitu kamu menanyakan harga, pemilik kapal akan meminta harga yang cukup tinggi, sekitar Rp 15 juta. Jangan keburu shock apalagi pergi begitu saja, karena kamu bisa menawarnya mulai dari 50-60% harga yang dipatok si pemilik kapal.

Sebagai perkiraan harga, untuk biaya sewa perahu motor sekitar Rp 7,5 juta* untuk empat hari (sudah termasuk bahan bakar), sementara sewa speedboat lebih mahal yaitu sekitar Rp 8 juta* – Rp 10 juta*.

Estimasi bujet ke Raja Ampat dengan rombongan 5 orang (5D 4N)

Tiket pesawat Jakarta – Sorong (PP): Rp 2.000.000*

Naik ojek Sorong – pelabuhan (PP): Rp 20.000*

Speedboat Sorong – Pelabuhan Waisai (PP): Rp 240.000*

Tiket masuk Raja Ampat: Rp 250.000*

Sewa kapal mesin 4 hari (sharing): Rp 1.500.000*

Penginapan 4 hari (sharing): Rp 400.000*

Paket diving dan alat: Rp 550.000* per spot

Sewa alat snorkeling: Rp 50.000*

Total bujet : Rp 5.010.000*

*harga yang tercantum adalah harga saat artikel ini dibuat

Selamat berlibur, sobat Jaki! Hati-hati diperjalanan….

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: