Begini Enaknya Tinggal di Apartement

apartemen green pramuka

foto : istimewa

Jakartakita.com – Seiring perkembangan jaman, telah terjadi perubahan perilaku dan gaya hidup di masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan, mengenai pemilihan tempat untuk tinggal.

Kini, sebagian masyarakat perkotaan cenderung memilih tinggal di bangunan vertikal seperti apartemen. Namun, sebagian lainnya masih enggan untuk tinggal di bangunan vertikal tersebut.

Ada idiom yang mengatakan ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’. Mungkin hal itulah yang perlu ditekankan kepada setiap orang yang ingin berpindah dari tinggal di sebuah rumah (landed house) ke sebuah apartemen.

Dan harus diakui, tinggal di sebuah apartemen memiliki nilai minus dan nilai plusnya sendiri. Untuk nilai minusnya, berbeda dengan rumah dimana bisa menjadi hak milik, dapat dikatakan bahwa pada umumnya apartemen sifatnya strata title, artinya setiap pemilik apartemen memiliki hak atas tanah di mana apartemen itu dibangun setelah dibagi secara proporsional dengan seluruh pemilik apartemen tersebut.

Lalu, apa nilai plusnya? Tentu banyak sekali nilai plus dari tinggal di sebuah apartemen. Kini, sebagian besar Apartemen hadir dengan konsep dan fasilitas yang sangat memikat, seperti misalnya:

Fasilitas Keamanan

Pada umumnya sebuah apartemen cukup ketat dalam hal keamanan. Seperti misalnya, hanya pemilik “Kartu Kunci” saja yang bisa masuk dalam suatu tower , dan “Kartu” tersebut  tidak dapat digunakan di tower lainnya. Selain itu pada umumnya suatu apartemen juga memiliki Security selama 24 jam, 7 hari seminggu.

Fasilitas Taman

Pada sebuah rumah pun sebenarnya Anda dapat menyewa jasa pendesain taman, namun memiliki sebuah taman yang cukup besar,cukup terawat dan indah, apalagi dilengkapi dengan kolam ikan misalnya, tentulah memerlukan luasan tanah yang cukup besar dan biaya yang tidak sedikit. Nah, di apartemen, hal ini biasanya sudah menjadi satu “hadiah” tersendiri bagi para penghuninya, karena biasanya taman  sudah siap saat Anda hendak masuk ke apartemen, dan biaya pembuatannya dan perawatannya pun dibagi rata dengan penghuni lainnya sehingga akan jauh lebih murah dibanding jika Anda membuat dan merawat taman Anda sendiri.

Fasilitas Kolam Renang

Sepertinya kini Kolam Renang sudah menjadi salah satu fasilitas yang hampir selalu ditemui pada Apartemen, dan biasanya, Apartemen yang ingin memanjakan penghuninya akan menyediakan satu Kolam Renang untuk  satu tower.

Fasilitas Parkir

Sebagian Apartemen lawas biasanya menyediakan fasilitas Parkir 1:1 hingga 1:2, yang artinya lahan parkir hanya tersedia satu lahan untuk setiap dua penghuni. Namun, seiring dengan begitu tingginya kebutuhan masyarakat akan hunian di tengah kota yang otomatis membuat harga tanah melambung begitu tinggi, memaksa setiap Apartemen kelas menengah untuk menampung lebih banyak penghuni dan fasilitas parkir pun dikurangi menjadi 1:8 hingga 1:10, atau harga Apartemen akan menjadi dua kali hingga tiga kali dari harga semestinya jika ingin mendapatkan Apartemen dengan perbandingan Pakir 1:1.

Fasilitas Tempat Makan

Sebuah Apartemen yang terkonsep dengan baik biasanya akan memiliki cukup banyak tempat makan atau restoran, terlebih bila apartemen direncanakan akan terdiri dari cukup banyak tower, biasanya akan memiliki Foodcourt.

Fasilitas Minimarket

Minimarket tentu akan memberi kemudahan bagi penghuni Apartemen untuk mendapatkan kebutuhan sehari-harinya.

Fasilitas Perbelanjaan

Fasilitas perbelanjaan seperti Departemen Store, Supermarket, atau bahkan dalam bentuk yang lengkap seperti Mall, biasanya hanya dihadirkan pada Apartemen dengan konsep superblok dan terletak di sebuah lokasi yang strategis, sehingga selain Mall akan membantu penghuni apartemen untuk mendapatkan barang kebutuhannya dengan mudah, para Tenant Mall pun diharapkan akan mendapatkan jumlah kunjungan yang cukup memadai untuk tetap beroperasi dan mendapatkan keuntungan yang lebih dari pengunjung dari luar apartemen sebagai efek positif dari lokasi strategis yang dimiliki.

Lokasi Strategis

Yang disebut sebagai lokasi strategis, adalah hunian yang mudah diakses dan terletak pada jalan raya yang termasuk jalan utama suatu kota, sehingga memberi kemudahan untuk mengakses berbagai lokasi penting di sekitarnya.  Berada di sebuah pertigaan atau perempatan dari jalan utama merupakan nilai plus.

Sekolah dan Rumah Sakit

Selain berada pada suatu lokasi yang strategis, dari sudut pandang Bank, suatu hunian yang cukup dekat dengan berbagai prasarana umum, seperti Sekolah dan Rumah Sakit, akan memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hunian yang tidak, sehingga bisa dipastikan hunian tersebut memiliki probabilitas yang jauh lebih tinggi untuk menguat secara nilai aset. Lagipula, siapa yang tidak mau tinggal cukup dekat dengan berbagai prasarana umum penting bukan?

Kendaraan Umum

Tentunya di sebuah kota metropolitan yang jumlah penduduknya bisa mencapai lebih dari 14 juta jiwa di siang hari ini keberadaan Kendaraan Umum sangat penting artinya. Mulai dari Kendaraan Umum biasa, Transjakarta, atau bahkan Kereta. Kemudahan untuk mendapatkan Kendaraan umum sangat membantu, terutama bagi Anda yang tidak ingin repot dan kesal saat terjebak macet.

Beberapa hal yang patut diacungi jempol, beberapa Hunian yang baru dibangun akhir-akhir ini sangat mempertimbangkan lokasi. Sedapat mungkin mereka akan memilih lokasi yang dilalui TransJakarta, Kereta, atau bahkan bersedia memberikan tempat bagi Bus DAMRI Bandara. Sebagai contoh GPC/ Apartemen The Green Pramuka yang telah menyediakan lokasi untuk Pool Bus DAMRI dengan rute Green Pramuka City – Bandara Soekarno Hatta.

 

Comments

comments




0 thoughts on “Begini Enaknya Tinggal di Apartement”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire