Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

7 Tradisi Natal Paling ‘Nyeleneh’ Sejagat

420

Jakartakita.com – Natal adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani seluruh dunia. Kalau biasanya kebanyakan umat Kristiani merayakan Natal dengan beribadah di gereja, berkumpul dengan keluarga, saling memberikan hadiah. Di sejumlah negara ini, Natal justru dirayakan dengan cara yang tak biasa dan terbilang aneh.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Ini adalah tradisi Natal paling ‘nyeleneh’ sejagat:

foto: istimewa
foto: istimewa

Mengarak tengkorak kuda di South of Wales

Perayaan kuno ini disebut sebagai The Mary Lwyd dan merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan pada Wales bagian selatan. Pada perayaan ini, tengkorak kuda yang sudah dihias dengan kain putih dan pita akan diarak berkeliling jalanan selama malam natal oleh seorang pemuda pilihan. Sang pembawa tengkorak tersebut ditutupi oleh sebuah kain dan membuatnya bagaikan seekor kuda putih yang berjalan berkeliling.

foto: istimewa
foto: istimewa

Membakar patung iblis di Guatemala

Setiap tahunnya, masyarakat di Guatemala membakar sebuah patung iblis di bulan Desember untuk menolak bala. Hal ini dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat serta kesialan yang akan datang pada tahun baru. Selain membakar patung iblis, masyarakat di sana biasanya juga membersihkan rumah dengan tujuan yang sama. Patung iblis sebagai pertanda roh jahat, dibakar bersamaan dengan menghilangnya nasib buruk masyarakat di sana.

foto: istimewa
foto: istimewa

Menyantap daging mentah ikan Paus di Greenland

Salah satu menu aneh yang biasanya disajikan ketika natal di Greenland adalah daging ikan paus mentah. Daging yang disebut Mattak ini merupakan hidangan tradisional untuk jamuan natal. Menu lain yang tidak kalah aneh adalah kiviak yang berupa burung Auk yang digulung oleh kulit singa laut dan difermentasikan selama setengah tahun.

foto: istimewa
foto: istimewa

Membuat patung dari kulit kambing

Tradisi bernama Yule Goat ini dilakukan oleh masyarakat dari sebuah kota kecil di Swedia yang bernama Gavle. Kambing berukuran raksasa dan dibuat dari kumpulan kulit kambing yang disusun hingga sebesar 12 meter.

foto: istimewa
foto: istimewa

Menyembunyikan sapu di Norwegia

Di Norwegia terdapat sebuah tradisi sangat unik dan konyol yang dilakukan setiap malam natal. Pada malam tanggal 24 Desember tersebut, masyarakat Norwegia menyembunyikan sapu-sapu yang mereka miliki. Hal ini dilakukan agar sapu tersebut tidak diambil dan dipergunakan oleh penyihir jahat.

foto: istimewa
foto: istimewa

Menghias pohon di Ukraina

Keunikan tradisi di Ukraina dimulai dari legenda perayaan natal seorang gadis kecil dan keluarganya yang miskin. Menurut cerita, mereka tidak mempunyai biaya untuk mendekorasi rumah. Keesokan paginya, keajaiban pun terjadi. Sorot cahaya pagi pertama yang masuk ke dalam rumah tak tis membuat sarang laba-laba berubah menjadi emas dan silver. Cerita turun menurun ini memunculkan kepercayaan jika melihat sarang laba-laba di pagi hari natal akan membawa keberuntungan. Itulah mengapa kini warga Ukraina selalu menghiasi pohon natal mereka dengan sarang laba-laba yang dibuat dari benang-benang halus.

foto: istimewa
foto: istimewa

Menghias kuburan di Finlandia

Di Finlandia, bukan hanya rumah-rumah warga dan juga pusat perbelanjaan yang terang benderang karena lampu natal. Bahkan, pemakaman setempat juga diterangi oleh cahaya-cahaya lilin. Bagi warga Finlandia, malam Natal adalah momen yang tepat untuk bersukacita dengan seluruh anggota keluarga termasuk mereka yang telah meninggal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: