Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Impian Jokowi untuk Indonesia di Tahun 2085

0 2,610
foto: dok. Setkab
foto: dok. Setkab

Jakartakita.com –  Presiden Joko Widodo menuliskan tujuh butir impiannya untuk Indonesia pada 2085. Impian itu ditulis langsung dalam secarik kertas saat Jokowi meresmikan  Monumen Kapsul Waktu: Mimpi Indonesia 2015-2085 di Lapangan Kantor Bupati Merauke, Papua, Rabu (30/12/2015).

Related Posts
1 daripada 4,928

Ada 7 impian yang dituliskan Presiden Jokowi untuk Indonesia 70 tahun mendatang. Jokowi meminta dua orang anak SD untuk membacakan mimpi-mimpi yang akan dibuka pada tahun 2085 tersebut. Dua anak itu yakni Lois Ferdinand Kombombiran (11) dan Laher Fabiola Ogilin (11). Keduanya merupakan pelajar Kelas VI SD Hati Kudus Merauke.

Berikut 7 mimpi Presiden Jokowi untuk Indonesia 70 tahun mendatang.

1. Sumber Daya Manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung nilai-nilai etika.
3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.
5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.
7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Usai pembacaan, Jokowi bersama dua anak SD Merauke itu kemudian menggulung kertas mimpi itu lalu memasukkannya ke dalam kapsul waktu. Kapsul itu disimpan di dalam sebuah tabung dan nanti kapsul itu akan dibuka pada tahun 2085.

Pada awal 2015, Jokowi meluncurkan Gerakan Nasional Ayo Kerja dari titik paling barat Indonesia di Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh untuk menekankan pentingnya kerja keras untuk mengoptimalkan potensi bangsa.

Gerakan tersebut lalu disambut oleh anak-anak muda yang dikoordinir bersama antara Jay Wijayanto dan Nick Nurrachman dengan menyelenggarakan Ekspedisi Kapsul Waktu, untuk mengumpulkan impian masyarakat dari setiap provinsi.

Presiden Jokowi telah menerima dan mencermati 238 butir impian masyarakat dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kapsul waktu ini diharapkan akan memotivasi masyarakat Indonesia untuk berani bermimpi dan percaya diri.

Secara keseluruhan, ekspedisi ini melibatkan panitia tingkat nasional dan daerah, organisasi masyarakat, pelajar, Kapsul Waktu Impian Indonesia yang diletakkan tahun 2015 akan dibuka tahun 2085. Kapsul Waktu ini dibuat dalam rangka memeringati 70 tahun Indonesia Merdeka.

Merauke dipilih menjadi lokasi tempat peletakan Kapsul Waktu Impian Indonesia sebagai ujung pengikat persatuan bangsa. Sedangkan Sabang yang berada di ujung barat Indonesia merupakan titik dimulainya perjalanan Kapsul Waktu.

Tinggalkan komen