Mengintip Meriahnya Bisnis Party Planner di Ibu Kota

foto: Papan Tulis

foto: Papan Tulis @bcreativeartworks

Jakartakita.com – Banyaknya orang yang ingin merayakan momen special dengan pesta yang unik, membuat bisnis jasa perencana pesta kian semarak. Tak hanya menyelenggarakan acara, para pelaku usaha juga mengedepankan dekorasi dan tema-tema pesta nan kreatif. Margin keuntungan yang didapat dari bisnis ini mencapai 30%—40%.

Yunita Lingkan Aguw atau yang akrab dipanggil Nita ini adalah salah satu pemain baru di bisnis party planner. Nita yang masih aktif sebagai legal assistant di sebuah perusahaan asing ini menggandeng dua temannya Dian Handayani dan Don Winasis untuk bersama membangun bisnis yang mereka beri nama ‘Papan Tulis’ alias ‘PArty PlaNner TerUji LarIS’.

Nita mengaku tertarik terjun ke bisnis ini tanpa disengaja. Berawal dari kesukaannya mendekor pesta dirinya, anaknya, teman dekat bahkan bosnya. Ternyata semua orang yang pernah dibantu pestanya merasa puas dan takjub akan hasil kerja Nita. Akhirnya teman-temannya mendorong Nita untuk membuka jasa party planner.

Menurut Nita, pesta yang menarik tak perlu mewah. Justru kreativitaslah yang membuat suatu pesta terlihat keren dan dapat meninggalkan kesan mendalam bagi si empunya hajat dan orang yang hadir.

foto: Papan Tulis @bcreativeartworks

foto: Papan Tulis @bcreativeartworks

Papan Tulis melayani aneka jenis pesta, mulai dari perayaan ulang tahun, anniversarybridal shower, baby shower / akekahan, table setting, dessert table hingga arisan. Harganya mulai dari Rp 1.250.000 sampai tidak bisa ditentukan karena tergantung keinginan klien.

Seiring dengan makin populernya budaya menggelar pesta di kalangan masyarakat, bisnis party planner bisa menjanjikan untung cukup besar. Pada ritme kehidupan modern yang serba sibuk, seringkali orang-orang di kota besar tak memiliki cukup waktu untuk merencanakan pesta yang diinginkannya.

Pemilik Papan Tulis ini mengaku tantangan utama menjalankan bisnis party planner adalah ketelitian. Di samping itu, pelaku usaha juga harus memiliki kesabaran tinggi.  Ini karena party planner harus sabar agar bisa menggali semua keinginan konsumen.

Perencana pesta tak sekadar menyulap sebuah ruangan kosong menjadi cantik dan apik. Lebih dari itu, menurut dia, party planner juga mempersiapkan susunan dan semua keperluan acara. Beberapa elemen pesta yang dia persiapkan, antara lain menyediakan master of ceremony (MC), aneka kue, dekorasi, pernak-pernik, hingga suvenir bagi para tamu.

Selain merencanakan pesta secara menyeluruh, Papan Tulis juga menawarkan jasa lain yaitu mendekorasi dan menyediakan makanan atau suvenir untuk pesta.

Meski bisnis Papan Tulis baru berjalan kurang dari setahun, namun Nita mengaku sering kewalahan oleh banyaknya klien. Maka, Nita yang semula membuat sendiri kue-kue untuk dessert table, kini harus menggandeng sejumlah vendor untuk efisiensi waktu. Namun, untuk dekorasi, Nita dan tim masih melakukannya sendiri, mulai dari menggunting, memasang printables, sampai menata meja atau ruangan.

foto: Papan Tulis @bcreativeartworks

foto: Papan Tulis @bcreativeartworks

Sepanjang menjalani bisnis party planner, Nita mengaku lebih banyak sukanya ketimbang dukanya. Masa-masa paling tegang dan melelahkan adalah menjelang hari H. Namun semuanya terbayar lunas setelah acara kelar dan para klien puas.

Soal kompetisi yang makin sengit, Nita mengatakan pemain baru terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Namun demikian, mereka tidak khawatir karena setiap party planner memiliki karakteristik masing-masing.

Saat ditanya oleh jakartakita.com mengenai harapan ke depannya, Nita pun menjawab pasti, “kami ingin suatu saat bisa menjadi wedding organizer atau bahkan menjadi promotor konser yang bisa mendatangkan band-band yang kami suka”.

Bagi Anda yang berminat memakai jasa Papan Tulis untuk momen istimewa Anda, silakan hubungi id.papantulis@gmail.com, bisa juga via telepon +62818975686 atau +628119932303.

Anda juga bisa melihat acara-acara yang sudah digarap Papan Tulis di akun Instagram: papantulis.id.

Comments

comments




One thought on “Mengintip Meriahnya Bisnis Party Planner di Ibu Kota”

  1. Jessie says:

    You get a lot of respect from me for writing these helpful arlectis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Ignatius Untung
Country General Manager Rumah123

Jakarta News Wire