Take a fresh look at your lifestyle.

Kapasitas Seluruh Jaringan Internet di Dunia Cuma Sepersepuluh Otak Manusia

0 750
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mana yang lebih hebat, otak manusia atau komputer? Tentu saja, otak manusia yang buatan Tuhan masih lebih canggih ketimbang komputer tercanggih sekalipun.

Kalau sebelumnya para ilmuwan sepakat mengatakan bila kapasitas otak manusia setara dengan  seluruh jaringan internet atau world wide web (www). Otak layaknya komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Studi baru yang diterbitkan di Jurnal eLife menuliskan perkiraan sebelumnya terlalu kecil. Kapasistas seluruh jaringan internet di dunia hanya sepersepuluh dari kapasitas otak manusia. Atau dengan kata lain, kapasitas memori otak manusia sesungguhnya 10 kali lebih besar dari yang diduga.

Dilansir dari IFL Science, sel neuron berkomunikasi satu sama lain melalui akson dan dendrit yang mengirimkan impuls ke seluruh sel tubuh. Akson dari satu neuron bertemu dengan dendrit di sinaps, bagian otak yang menentukan kekuatan sinyal yang dapat ditransmisikan.

Related Posts
1 daripada 2,097

Kekuatan sinyal berbeda dihasilkan setiap sinaps. Ini yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa diproses otak yang berarti kapasitas memori otak keseluruhan bergantung pada jumlah sinaps dan kekuatan sinaps itu sendiri.

Penulis menemukan beberapa akson bisa membentuk dua sinaps sekaligus dari satu dendrit, sekitar delapan persen bagiannya. Hal ini menunjukkan ukuran sinaps manusia bervariasi dan sering kali sulit dikendalikan.

Tim mengidentifikasi 26 kekuatan sinaps berbeda. Setiap sinaps mampu menghasilkan 4,7 bit memori, kira-kira 10 kali lebih besar dari angka perkiraan peneliti sebelumnya.

Karena otak berisi triliunan sinaps, peneliti percaya perhitungan mereka menunjukkan kekuatan daya cerna otak yang benar-benar mengejutkan. Salah satu penulis studi, Terry Sejnowski menjelaskan bahwa kapasitas memori otak bisa ditingkatkan hingga 10 kali lipat dari perkiraan yang ada saat ini.

Wow, luar biasa!

Tinggalkan komen