Take a fresh look at your lifestyle.

Kirim Lamaran Kerja Via Email? Begini Tipsnya!

0 932
foto: istimewa
foto: istimewa
Related Posts
1 daripada 260

Jakartakita.com – Zaman sudah berubah seiring dengan semakin pesatnya teknologi internet. Kalau dahulu, Anda harus menyiapkan setumpuk dokumen untuk melamar kerja. Kini Anda hanya butuh jaringan internet dan file dokumen penting di flash disc. Pengiriman surat lamaran kerja pun lebih praktis, tak butuh kurir pos atau datang langsung.

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar kerja lewat email. Ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini:

Syarat

Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk melamar kerja dalam file elektronik. Simpan hasil scan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk file gambar (.jpg) dan PDF.

Format

Sebelum melamar, pastikan format seperti apa yang diinginkan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang memilih semua dokumen lamaran kerja, mulai dari surat lamaran, CV dan dokumen pendukung digabung dalam satu file PDF. Ada juga perusahaan yang menerima berkas lamaran kerja dalam file-file terpisah. Format paling aman adalah satu file PDF.

Identitas

Sebelum mengunggah berkas lamaran sebagai lampiran e-mail, pastikan file tersebut sudah dinamai dengan benar. Misalnya: Resume-NamaSaya.pdf.

Body text atau attachment?

Menempel semua dokumen kerja Anda di body text e-mail bisa dilakukan. Namun jika memutuskan mengirimkannya sebagai attachment (lampiran), tulis pengantar singkat di body text e-mail Anda. Ingat, jangan mengirim e-mail kosong!

Judul

Jangan lupa untuk menulis judul e-mail yang tepat. Misalnya: Lamaran Kerja untuk posisi account executive. Judul yang jelas akan membuat e-mail Anda mudah dikenali dan meminimalisasi e-mail Anda masuk kotak Junk atau Spam.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komen