Take a fresh look at your lifestyle.

Hore, ke Kepulauan Seribu Naik KM Sabuk Nusantara 46 Cuma Rp 15.000!

0 1,110
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com–  Kamis (28/1/2016), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan satu unit kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kapal KM Sabuk Nusantara 46 dengan tipe 200 DWT yang dioperasikan oleh PT Pelni ini akan berangkat mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa pada pukul 07.00 WIB tiap harinya. Kapal itu akan menuju Pulau Untung Jawa, Pramuka, Tidung, dan Kelapa.

Pria yang akrab disapa Ahok mengaku menyambut baik dengan pengadaan kapal perintis ini. Menurutnya, dengan adanya kapal ini akan membantu Pemprov DKI dalam memajukan Kepulauan Seribu.

Related Posts
1 daripada 5,008

Selain itu, Ahok juga berharap nantinya kapal perintis yang dioperasikan PT Pelni ini dapat sejalan dengan rencana Pemprov DKI yang akan menggratiskan tarif kapal menuju dan akan ke Kepulauan Seribu. Syaratnya, yakni hanya menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Kepulauan Seribu.

Untuk diketahui, pengoperasian trayek kapal perintis tersebut, Kemenhub telah menganggarkan Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp 5,9 miliar yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Nantinya, masyarakat akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 untuk satu kali perjalanan. Untuk daya tampung, kapal mampu mengangkut penumpang hingga 114 orang dan sekitar 100 ton barang.

Sementara itu, penugasan kepada PT. Pelni untuk mengoperasikan kapal perintis milik Negara sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kegiatan pelayanan publik kapal perintis milik negara.

Tinggalkan komen