Take a fresh look at your lifestyle.

Makan Cokelat Ternyata Bisa Bikin Tubuh Sehat

0 905
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Siapa yang tak kenal dengan cokelat? Camilan berbahan dasar biji kakao yang digemari semua orang dari anak-anak hingga dewasa.

Tahukah Anda kalau mengonsumsi cokelat secara teratur ternyata bisa menyehatkan tubuh?

Namun, tentu saja bukan sembarang cokelat yang bisa bikin sehat. Hanya coklat hitam atau dark chocolate yang dapat menyehatkan tubuh. Itupun bila persentase cokelat yang terkandung minimal 70 persen. Tentu saja tidak seperti kebanyakan produk cokelat yang manis dan banyak mengandung susu yang banyak dijual di pasaran.

Lalu apa kegunaan mengonsumsi cokelat hitam secara rutin?

Related Posts
1 daripada 510

Sejumlah penelitian yang dilansir dari situs Lifehack menyebutkan, bahwa dalam sebatang coklat hitam, ada lebih dari lima macam mineral yang baik bagi tubuh di antaranya ialah serat, besi, magnesium, potassium hingga zinc.

Hal baik lain yang diberikan cokelat hitam ialah efek terhadap tekanan darah. Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa sedikit saja porsi coklat hitam yang dikonsumsi seseorang dapat membantu tekanan darah menjadi menurun.

Tak hanya tekanan darah tinggi, coklat hitam pun dapat membantu tubuh menurunkan kadar gula dalam darah. Pasalnya, coklat hitam mengandung polifenol yang dapat mengontrol glukosa dalam tubuh.

Kadar antioksidan dalam coklat hitam pun diketahui cukup tinggi. Berdasarkan penelitian di Italia, misalnya, menunjukkan bahwa antioksidan dalam coklat hitam dapat membantu melawan efek negatif dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Coklat hitam juga diketahui mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi jantung. Penelitian di Australia menunjukkan seporsi kecil coklat hitam menyimpan potensi untuk menangkal 70 serangan kardiovaskular tidak fatal dan 15 yang fatal.

Tinggalkan komen