Take a fresh look at your lifestyle.

Awas, Sering Pakai ‘Smartphone’ Kualitas Sperma Bisa Menurun!

0 954
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kehadiran smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, Anda kaum pria harus tetap berhati-hati dalam menggunakan smartphone. Pasalnya, sebuah penelitian terkini menunjukkan adanya kaitan antara penggunaan smartphone genggam dengan menurunnya kualitas sperma.

Seperti dilansir dari Dailymail,  sering bicara di smartphone selama satu jam atau lebih setiap harinya akan dua kali lipat lebih berisiko memiliki kualitas sperma yang buruk dibanding bertelepon kurang dari satu jam.

Para ilmuwan dari Israel itu meneliti 106 pria selama satu tahun di klinik kesuburan. Penelitian juga menunjukkan, pria yang sering berbicara di smartphone yang sedang  diisi baterainya mengalami penurunan jumlah sperma.

Related Posts
1 daripada 300

Penurunan jumlah sperma bahkan bisa terjadi ketika smartphone tersebut diletakkan di atas meja samping tempat tidur.  Jika diletakkan di dekat tempat tidur, smartphone tersebut sebaiknya dimatikan saat pengisian baterai.

Para ilmuwan pun mengimbau pria untuk tidak meletakkan smartphone mereka terlalu lama di saku celana.

Penelitian menemukan sebanyak 47 persen pria yang ponselnya berada dalam jarak sekitar 50 sentimeter (cm) dari pangkal paha, memiliki kualitas sperma yang lebih rendah dibanding mereka yang meletakkan smartphone lebih jauh.

Menurut peneliti, aktivitas elektromagnetik dan paparan panas dari smartphone itu yang menyebabkan sperma rusak.

Temuan yang dipublikasikan di Reproductive BioMedicine ini membuat seorang ahli kesuburan di Inggris memperingatkan para pria yang kecanduan smartphone.

Tinggalkan komen