Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rempeyek, Si Kriuk yang Jadi Pelengkap Makan

302
foto: jakartakita.com/Putri Maretha
foto: jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, makan besar tak lengkap bila tidak didampingi oleh kriuk yang nikmat. Tentunya selain kerupuk yang beraneka ragam khas Indonesia adapula makanan pelengkap dari kelompok gorengan seperti salah satunya rempeyek.

Rempeyek atau peyek terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental yang diberi bumbu. Sedikitnya garam dan bawang putih, tidak ketinggalan pula kacang tanah sebagai jenis dari rempeyek. Ataupun diberi pilihan rempeyek ikan teri, ebi, udang kecil, kacang kedele bahkan di daerah tertentu ada rempeyek yang diberi serangga laron.

Makanan jenis ini masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang cinta dengan kriuk nya. Keberadaan rempeyek mudah didapat, bila kita berkunjung ke pasar tradisional masih sangat banyak ditemukan penjual rempeyek. Selain itu, dapat pula ditemui di tempat makan seperti bakso, warteg, dan tempat makan lainnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat rempeyek tidaklah banyak, namun bagi sebagian orang perlu diketahui bahwa tingkat keenceran dan kekentalan adonan sangat memengaruhi hasil jadi dari rempeyek tersebut. Jadi, selama mencoba membuat adonannya dibutuhkan feeling antara si pembuat dan si bahan tersebut. Jangan pernah berhenti untuk mencoba membuatnya ya, karena dengan sering kita membuat makin cinta kita dengan makanan khas Indonesia ini. (Putri Maretha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: