Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kebahagiaan Keluarga, Penentu Karakter dan Tumbuh Kembang Anak

442
foto: Jakartakita.com/Putri Marietha
foto: Jakartakita.com/Putri Marietha

Jakartakita.com – Sebelum dibukanya acara Happy Date with Legendaddy – Happy Winter Land, Nestlé LACTOGROW, Sabtu (27/2/2016) memberikan kesempatan kepada rekan media dan para bloger untuk ikut meramaikan sesi media talkshow.

Acara tersebut terdiri dari penjelasan mengenai tema diatas kepada audiens. Dihadiri pula oleh Choky Sitohang, Rini Hildayani, M.Si (Psikolog), Gusti Kattani Maulani (Brand Manager LACTOGROW), dan juga DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc.  (Pakar gizi medic). Lengkap pula dengan sesi tanya jawab antara audiens dengan para pengisi acara talkshow.

Gusti Kattani Maulani, Brand Manager LACTOGROW mengatakan, “Berdasarkan survei awal tentang Arti Kebahagiaan Keluarga yang kami lakukan melalui media sosial, terungkap hanya 53% responden yang merupakan orang tua, merasa anaknya bahagia akan hubungan yang terjalin antara ayah-ibu-anak. Para orang tua juga merasa waktu yang dihabiskan dengan buah hati kurang dari cukup. Berangkat dari hasil survei ini, Nestlé LACTOGROW pun tergerak untuk melakukan survei lanjutan dan mencari tahu bagaimana memaksimalkan keterlibatan orang tua dalam pengasuhan anak untuk meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga.”

foto: Jakartakita.com/Putri Marietha
foto: Jakartakita.com/Putri Marietha

Sementara itu menurut sejumlah penelitian, keterlibatan maksimal orang tua, khususnya ayah, dalam pengasuhan terbukti dapat membantu anak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Psikolog Rini Hildayani, M.Si menjelaskan, “Interaksi dan pengalaman yang dialami oleh anak ketika bersama dengan ayah dapat mempengaruhinya hingga dewasa. Perkembangan kognitif dan sosial-emosi anak juga dipengaruhi oleh kedekatan dan hubungan emosional yang dibangunnya bersama ayah. Dalam pengasuhan, orang tua, termasuk ayah, juga harus peka terhadap kebutuhan anak, termasuk kebutuhan mereka untuk merasa bahagia.”

Choky Sitohang, seorang public figure yang juga ayah dari 2 orang anak turut berbagi pengalamannya dalam mengasuh buah hati, “Tantangan yang dihadapi oleh keluarga pada umumnya adalah cara membangun hubungan dengan anak, menyempatkan untuk menghabiskan waktu bersama anak dan pasangan, dan menyeimbangkan kedua hal tersebut dengan karir. Saya senang Nestlé LACTOGROW menghadirkan Happy Date with Legendaddy – Happy Winter Land. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi orang tua, termasuk ayah, untuk menikmati kebersamaan dengan anak dan meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga yang akan berpengaruh pada karakter dan tumbuh kembang anak jangka panjang.”

foto: Jakartakita.com/Putri Marietha
foto: Jakartakita.com/Putri Marietha

Tak hanya lingkungan yang bahagia, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh kesehatannya. Sistem pencernaan yang baik merupakan salah satu faktor penting bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia dan aktif.

Pakar gizi medik DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc. dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, “Organ imunitas terbesar ada di dalam saluran cerna. Oleh karena itu, penting untuk memastikan saluran cerna dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan berbagai fungsinya, termasuk diantaranya untuk menyerap zat gizi dari makanan. Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun secara mental dan sosial. Saluran cerna yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tetapi juga kondisi psikologis anak dan orang tua.” (Putri Marietha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: