Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Festival Pasar Rakyat di Payakumbuh Diramaikan Berbagai Lomba

288
foto: dok. danamon peduli
foto: dok. danamon peduli

Jakartakita.com – Mengawali tahun 2016, kegiatan Festival Pasar Rakyat diselenggarakan di Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat, Sabtu (27/2/2016). Pasar Ibuh merupakan salah satu pasar rakyat terbesar di tanah air. Menampung lebih dari 1.500 pedagang dengan perputaran uang mencapai Rp2,5 miliar setiap harinya. Pentingnya peran Pasar Ibuh bagi masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya mendorong Danamon Peduli bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh memulai program revitalisasi pasar rakyat Pasar Sejahtera pada tahun 2010, menjadikan Pasar Ibuh sebagai salah satu pasar percontohan dan pasar dampingan Danamon Peduli hingga saat ini.

Kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Ibuh sebagai salah satu kegiatan utama dari Program Pasar Sejatera yang merupakan dukungan non fisik khususnya aspek promosi pasar. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Payakumbuh. Hadir dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Ibuh, Yoherman, perwakilan Pemerintah Kota Payakumbuh; Satinder Pal Singh Ahluwalia, Direktur Perbankan Mikro Danamon; Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; dan Hartono Teguh Wijaya, Regional Corporate Officer Danamon Wilayah Sumatera.

Dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Ibuh ini, “Lomba Menata Dagangan Garengong” dan “ Lomba Giliang Lado” merupakan lomba yang mengangkat tradisi Pasar Ibuh. Garendong adalah penjual sayur menggunakan kendaraan beroda dua yang mampu melayani konsumen hingga ke wilayah Pekan Baru. Sedangkan giliang lado adalah aktivitas menggiling cabai hingga halus tanpa menggunakan bantuan mesin.

Selain itu untuk semakin memeriahkan Festival Pasar Rakyat Ibuh juga digelar “Lomba Lukis T-Shirt” untuk pelajar dan “Lomba Masak” untuk kategori pedagang dan PKK. Dr. Henny Yusnita, Ketua Penggerak PKK Kota Payakumbuh akan hadir untuk memasak sekaligus menjadi nara sumber untuk membahas kekayaan kuliner legendaris lokal.

Di tahun 2015, kegiatan Festival Pasar Rakyat telah digelar di 8 kabupaten kota yaitu Pasar Tejoagung (Metro Lampung), Pasar Lambocca (Bantaeng), Pasar Rau (Serang), Pasar Kembang (Surabaya), Pasar Baru (Probolinggo), Pasar Ngasem (Yogyakarta), Pasar Lama (Tangerang), dan Pasar Kebon Kembang (Bogor).


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: