Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tariq Khalil Bicara Tentang “Retronesia”

809
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Jakartakita.com – Bertempat di Erasmus Huis, Jakarta, pada Selasa (1/3/2016) malam, Tariq Khalil memberikan kuliah umum tentang buku yang tengah digarapnya, “Retronesia”. Buku “Retronesia” dibuat dengan tujuan untuk melengkapi sejarah bangsa Indonesia, agar masyarakat paham tentang arsitektur atau bangunan tua yang ada di sekitarnya.

“Di Indonesia, pada setiap sisi perkotaan terdapat bentuk yang tidak biasa dijumpai di negara lain. Dengan gaya Jengki (Yankee), bagian dari gerakan modern Mid Century yang populer di seluruh Asia Tenggara dan Amerika pada ’50 sampai ’60-an,” ungkap Tariq.

Gaya pembangunannya sendiri yaitu bertabrakan, antara gaya kuno dan gaya modern. Padahal, di negara lain tidak terjadi pembenturan gaya arsitek. Namun di Indonesia, hal itu justru terjadi. Lubang hitam terjadi pada rentang waktu itu, dan Indonesia berani memasukinya.

Tariq Khalil sendiri sudah tinggal di Jakarta sejak akhir 2008, bekerja sebagai konsultan lingkungan dan berjalan ekstensif sejak saat itu. “Retronesia” sebelumnya adalah sebuah pameran karya tunggal di Jakarta Architecture Trienniale pada 2012.

Setelah beberapa tahun, proyek inilah yang sangat berambisi untuk dibukukan oleh Tariq, dengan sudut pandang yang luas tentang gaya pembangunan kota yang luar biasa. Sayangnya buku ini belum ada bentuk fisiknya, dengan salah satu penyebab adalah ketiadaan dana. (Indah Purwati)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: