Take a fresh look at your lifestyle.

Pendiri Brand Zara Jadi Orang Terkaya di Eropa, Dengan Harta Sebanyak Rp 906,3 Triliun

0 856
zara
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pendiri brand Zara, Amancio Ortega menjadi orang terkaya di Eropa dan pengecer terkaya di dunia tahun ini versi Majalah Forbes, dengan jumlah kekayaan sebesar USD 68,2 miliar atau setara Rp 906,3 triliun.

Kekayaan pria berusia 79 tahun yang memiliki tiga anak ini, naik dibandingkan tahun 2015 lalu, yang menempati peringkat ke empat di dunia. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi peringkat ke dua.

“Dia mulai menjalani bisnis tekstil dari perusahaan keluarganya pada 1963 sebelum menjadi pemilik Zara bersama mantan istrinya Rosalia Mera di 1975,” sebut Forbes, dalam laporannya baru-baru ini.

Related Posts
1 daripada 8,350

Pada pertengahan 1980-an, Ortega mulai merajai pasar Spanyol dan membuka toko pertamanya di Amerika pada 1989.

Saat ini Ortega telah memperluas bisnisnya, tidak hanya Zara, tapi juga brand Massimo Dutti dan Pull&Bear.

Secara pribadi, Ortega memperoleh pendapatan pribadi hingga USD45 miliar dari 2009 sampai 2014. Ortega keluar dari jajaran tertinggi di saham Inditex, namun setiap tahunnya dia masih mendapat USD400 juta dalam bentuk dividen.

“Dia telah menginvestasi kekayaannya ke sektor real estate di seluruh dunia, seperti Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami dan New York,” demikian diungkapkan Forbes.

Tinggalkan komen