Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

VG-Guide, Aplikasi Khusus untuk Kaum Vegetarian di Indonesia

379
foto: VG Guide
foto: VG Guide

Jakartakita.com – Pernahkah Anda mendengar istilah “Vegetarian” atau “Vegan”? Vegetarian adalah istilah bagi orang-orang yang menjalankan pola makan berbasis nabati (non-hewani).

Dalam 5 tahun terakhir, istilah ini sudah dikenal masyarakat luas di Indonesia. Bahkan perkembangan vegetarian di Indonesia telah memasuki fase pertumbuhan yang tergolong sangat pesat dan membanggakan.

Kaum Vegetarian dan Vegan Indonesia telah menorehkan rekor yang sangat membanggakan di kancah Vegetarian/Vegan Dunia. Salah satu organisasi vegetarian di Indonesia, yaitu IVS (Indonesia Vegetarian Society) telah diakui sebagai Organisasi Vegetarian dengan jumlah anggota terbanyak di dunia (saat ini tercatat ada lebih dari 200.000 anggota).

Selain itu, IVS juga memiliki jumlah kantor cabang/perwakilan terbanyak di dunia (lebih dari 63 kantor cabang/perwakilan). Pengakuan ini datang langsung dari International Vegetarian Union (IVU), organisasi yang mewadahi berbagai komunitas dan organisasi vegetarian dan vegan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tercatat lebih dari 2 juta orang yang bervegetarian/vegan. Berbagai alasan/motivasi yang mendorong seseorang untuk bervegetarian, di antaranya karena alasan kesehatan, etis-lingkungan, spiritual (agama), dll.

Selama ini salah satu tantangan terbesar yang dihadapi kaum vegetarian adalah kurangnya informasi mengenai berbagai lokasi venue (rumah makan, cafe, resto, dll) yang menyediakan masakan/menu vegetarian/vegan, serta informasi mengenai produsen atau supplier bahan-bahan baku vegetarian dan vegan. Sementara di sisi yang lain, para pelaku usaha di bidang vegetarian dan vegan, seringkali kesulitan untuk mengembangkan dan membesarkan market-nya, karena konsumen-nya yang cukup spesific.

Di awal tahun 2016 ini, ter-ilhami oleh pengalaman hidup selama bertahun-tahun di dalam menjalani pola makan vegetarian, Karim Taslim (Technopreneur, CEO PT. Parama Cakrawala Inspirasi), yang telah ber-vegetarian selama 26 tahun, sekaligus menjabat sebagai Kepala Div IT & Humas di IVS, membuat sebuah terobosan baru, dengan meluncurkan sebuah aplikasi mobile, yang disebut dengan VG-Guide.

Aplikasi ini dibangun dan diciptakan untuk menjawab kebutuhan komunitas vegetarian dan vegan di seluruh Indonesia. Aplikasi ini menyediakan list direktori lengkap mengenai berbagai venue (destinasi) kuliner vegetarian/vegan di seluruh Indonesia, dilengkapi dengan koordinat GPS, dan juga memiliki fitur ‘review’ oleh User. Melalui aplikasi ini, para user dapat mencari lokasi rumah makan/resto vegetarian dan vegan, berdasarkan kriteria provinsi, kota atau area.

Selain list direktori rumah makan/resto vegetarian dan vegan, aplikasi ini juga memuat berita-berita aktual seputar perkembangan vegetarian dan vegan di Indonesia, artikel-artikel gizi, kesehatan dan lingkungan, serta juga memuat berbagai promosi dari venue-venue yang tergabung di dalamnya. Untuk para pecinta kuliner vegetarian dan vegan, inilah aplikasi yang telah dinantikan cukup lama. Dengan diluncurkannya aplikasi ini Karim Taslim berharap kaum vegetarian dan vegan beserta para pelaku usaha di bidang vegetarian dan vegan, akan mendapatkan kemudahan dan manfaat.  

Aplikasi VG-Guide dapat didownload langsung di Play Store (Gratis untuk User), atau melalui link :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.solution.multimedia.testapplication

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: