Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Cara Baru Memanen Ikan Lele Berbasis Panel Surya

337
foto: jakartakita.com/Putri Maretha
foto: jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com – Siswa SMK Negeri 54, Jakarta, Jurusan Otomotif berhasil membuat alat yang dapat membantu kerja para petani ikan lele. Adapun alat yang digunakan memanfaatkan teknologi berbasis Panel Surya, yang merupakan energi yang bisa bekerja dengan menyerap sinar matahari dan sinar lampu.

Alat tersebut dibuat semenjak Ayin Layyinun, Iyan Hermanto, dan Hasan Nurrahman berada di kelas 10 SMK, lalu mengikuti LKIR tingkat Jakarta Pusat pada tahun 2014, dan kemudian juara 1 tingkat Jakarta. Di provinsi DKI juga mereka mendapatkan juara 3. Dengan kategori kelompok, Bidang teknologi.

Cara kerjanya adalah panel surya dapat mengubah sinar matahari ataupun sinar lampu menjadi energi listrik lalu dialiri melalui charger controller yang berfungsi untuk mengatur tekanan yang masuk ke aki agar tidak overhead/melebihi kapasitas. Lalu dari aki akan ke switch berfungsi untuk memutuskan hubungan arus yang akan membuat alat penarik jaring berkerang keatas kebawah lalu sebaliknya.

foto: jakartakita.com/Putri Maretha
foto: jakartakita.com/Putri Maretha

Prototype yang dibuat dapat mengangkat beban ikan lele dari 0,3 kg sampai 0,8 kg. Pembuatan prototype ini kurang lebih 3 bulan.

Keunggulan: hemat waktu, tenaga, serta biaya. Karena untuk cara manual harus turun ke tambak, sedangkan lele memiliki patil sehingga jika terkena tangan bisa sakit 2-3 hari. Dengan menggunakan alat ini bisa lebih melindungi para petani ikan lele.

Dalam kompetisi yang dinaungi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tidak banyak yang memilih kategori teknologi, dikarenakan ide dan rangkaian kelistrikan yang musti dikuasai oleh para pembuat karya ilmiah. Kedepannya diharapkan teknologi yang diciptakan ini dapat dengan segera membantu pekerjaan para petani lele dalam kesehariannya bekerja. (Putri Maretha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: