Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

LIPI Serius Bina Generasi Muda untuk Meneliti

269
foto: jakartakita.com/Putri Maretha
foto: jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com – Penanaman budaya meneliti bagi generasi muda menjadi fokus Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Bersama dengan British Council melalui Newton Fund, serta Intel Indonesia, LIPI akan menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 dan “National Young Inventor Award” (NYIA) ke-9 tahun 2016.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Laksana Tri Handoko yang juga merupakan alumni LKIR tahun 1985 mengatakan bahwa pada tahun 2015 jumlah proposal karya ilmiah yang diajukan peserta naik sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu, dari 1700-an menjadi sekitar 2041 proposal, serta 600 usulan karya inovasi remaja. “Ini merupakan tren positif dalam perkembangan minat penelitian di kalangan remaja. Tahun ini kami targetkan paling tidak ada 2000 proposal LKIR yang terjaring dan 800 usulan karya design dan prototype,” kata Handoko.

Melalui kompetisi ilmiah ini, LIPI melakukan pembinaan generasi muda sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Indonesia di masa depan dan mendorong percepatan inovasi.

foto: jakartakita.com/Putri Maretha
foto: jakartakita.com/Putri Maretha

“Untuk pemenang tahun lalu, yaitu pemenang LKIR kita akan kirim ke Edinburgh International Science Festival 4-19 April 2015. Diharapkan bisa berkiprah di Internasional.” tutur Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas di Auditorium LIPI, Senin (7/3/2016) di Auditorium LIPI.

Acara dihadiri pula oleh Hanif Faalih Wienico Kusuma dan Akmal Khalid Farhan (SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto) sebagai Pemenang Ketiga NYIA 2014, peraih silver medal dan Special Award IEYI 2015 melalui karya “Ikat Pinggang Sistem Ekolokasi Portabel Ber-Output Getaran sebagai Alat Bantu Jalan Penyandang Tuna Netra”, serta Jerome Adriel Tjiptadi dan Edwin Julianto (SMA Santa Laurensia, Tangerang Selatan) Pemenang Kedua LKIR 2014 Bidang IPH, peserta Inter ISEF 2016 dengan karya “Studi Pengembangan Produk Masker yang Mengandung Ekstrak Pregnane Glikosida dari Daun Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata) Sebagai Penyerap Polutan Gas Berbahaya.”

Info untuk pendaftaran keikutsertaan dalam ajang Kompetisi Ilmiah LIPI dapat diakses melalui website www.infokompetisi.lipi.go.id secara online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: