Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Antusias Merekam Peristiwa GMT

0 6,303
GMT1
foto 1 : Jakartakita.com/Edi Triyono

Jakartakita.com – Hari ini, Rabu (9/3/2016) merupakan hari yang istimewa dimana masyarakat Indonesia melihat proses bulan menutup penuh pandangan kita atas matahari atau disebut Gerhana Matahari Total (GMT).

Berbeda dengan di wilayah lain, seperti di Belitung, Kepulauan Riau ataupun di Palu, Sulawesi Tengah, dimana ketertutupan matahari hampir mencapai 100 persen, di wilayah Ibukota Jakarta ketertutupan matahari mencapai 88,74 persen.

GMT2
foto 2 : Jakartakita.com/Edi Triyono

Di Jakarta, waktu berlangsungnya peristiwa GMT mulai pukul 06.19 WIB, saat bulan dan matahari mulai bersinggungan, pukul 07.21 WIB saat puncak Gerhana Matahari Total dan pukul 08.31 WIB, peristiwa Gerhana Matahari Total selesai (Foto 2).

Related Posts
1 daripada 5,684

Tim Jakartakita.com pun turut merekam peristiwa langka ini, antara lain di kawasan Ancol Taman Impian dan di wilayah sekitar Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Seperti yang tampak dalam foto 1, para pekerja Indonesia Power UPJB dan petugas Kepolisian setempat di Tanjung Priok sedang memantau jalannya Gerhana Matahari Total sekitar pukul 6.30 WIB dengan menggunakan kacamata khusus.

GMT3
foto 3 : Jakartakita.com/Edi Triyono

Seorang pekerja Indonesia Power sedang mendokumentasikan  gerhana matahari dengan ponsel pintar miliknya (Foto 3).

Dari pengamatan, terlihat jelas antusias warga untuk mendokumentasikan peristiwa langka ini.

Walhasil, gambar-gambar dan video mengenai peristiwa GMT ini, tersebar dengan cepat secara viral di dunia maya dan menjadi trending topic di sosial media Twitter. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen