Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Ketimbang Pria?

21
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Masalah kesehatan yang dialami kaum wanita seringkali dipicu karena kurangnya waktu tidur. Kesibukan para wanita mengurusi rumah tangga dan karir di luar rumah membuat mereka tak punya banyak waktu untuk tidur. Padahal menurut penelitian terbaru, wanita justru butuh waktu tidur lebih lama ketimbang pria.

Seperti dilansir dari laman Thesun, dari 210 sample pria dan wanita, para ahli dai Sleep Research Center di Loughborough University menemukan fakta, bahwa wanita yang kurang tidur berisiko mengalami tekanan psikologis dan perasaan depresi serta emosi negatif yang lebih besar. Sebaliknya, emosi seperti itu ternyata tidak memengaruhi pria ketika tidur dalam waktu singkat yang sama.

Profesor Jim Horne, Ketua Sleep Research Center di Loughborough University menjelaskan, ini karena otak wanita seperti kabel listrik yang kompleks. Hal ini membuat mereka perlu tidur rata-rata 20 menit lebih lama ketimbang pria.

Horne menambahkan kalau wanita merupakan makhluk multitasking  yang secara biologis menggunakan otaknya lebih banyak. Karena itu, kebutuhan tidur mereka lebih besar.

Namun sayangnya, fakta di lapangan malah sebaliknya. Menurut data Nation Sleep Foundation,  sebanyak 63 persen wanita mengalami kesulitan tidur atau insomnia beberapa kali dalam seminggu dibandingkan sekira 54 persen pria.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: