Take a fresh look at your lifestyle.

Festival Pesona Cirebon Berlangsung 31 Maret Sampai 2 April

0 1,004
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ajang Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Maret sampai 2 April oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi untuk wilayah tersebut siap menjadi tujuan wisata.

Dalam acara itu semua seni, budaya dan juga kuliner asli Cirebon akan disuguhkan, agar dikenal lagi oleh masyarakat luas. Kebudayaan yang melekat pada masyarakat Cirebon merupakan perpaduan berbagai budaya yang datang dan membentuk ciri khas tersendiri.

Related Posts
1 daripada 427

Hal ini dapat dilihat dari beberapa pertunjukan khas masyarakat Cirebon antara lain Tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung, dan Sandiwara Cirebonan. Kota ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan di antaranya Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, Bunga Rotan, dan Batik.

Salah satu ciri khas batik asal Cirebon yang tidak ditemui di tempat lain adalah motif Mega Mendung, yaitu motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.

Kuliner Cirebon yang siap memanjakan para pengunjung festival seperti tahu gejrot, empal gentong, sega jamblang, sega lengko, tempe mendoan, intip, keripik mlarat, emping besar, tjampolay, dan es doger.

Selain pengenalan Cirebon, Festival Pesona juga bentuk keseriusan Cirebon menjadi kota tujuan wisata dan akan mencoba menyusul dua kota wisata di Indonesia yaitu Yogyakarta dan Bali.

Tinggalkan komen