Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pengabdian Tanpa Henti Soerjadi Soedirdja

807
foto: Jakartakita.com/Agivonia Vidyandini
foto: Jakartakita.com/Agivonia Vidyandini

Jakartakita.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta ke-13, Jend Purnawirawan Surjadi Soedirja, telah berbagi kisah selama hidupnya saat menjadi orang nomor satu di Ibu Kota. Kisah semasa hidupnya ditulis dalam buku yang berjudul “Pengabdian Tanpa Henti”. Buku tersebut resmi diluncurkan di Ballrom Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dalam peluncuran buku biografi tersebut juga turut hadir tokoh-tokoh nasional seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Wakil Presiden ke-6 RI, Tri Sutisno, Pendiri Lippo Grup, Mochtar Riyadi, dan Jend (Purn) Agum Gumelar.

foto: Jakartakita.com/Agivonia Vidyandini
foto: Jakartakita.com/Agivonia Vidyandini

Buku yang ditulis oleh Ramadhan KH dan Sumardijo ini menceritakan perjalanan hidup Surjadi semasa berkarir. Ia menjadi Gubernur DKI Jakarta pertama yang ingin mewujudkan pembangunan kereta api bawah tanah pada periode 1992 – 1997. Sosoknya yang rendah hati dan selalu jitu dalam pengambilan keputusan menjadi pedoman pemimpin pada masa Surjadi menjabat.

Dalam proses penulisan buku tersebut cukup mengalami proses yang panjang. Surjadi mengaku dirinya tak pantas untuk ditulis di dalam sebuah buku. Tetapi berkat kegigihan dari kedua penulis tersebut, akhirnya Surjadi bersedia untuk berbagi pengalaman dan cerita untuk dibukukan.

“Suatu waktu dengan tidak diundang, datanglah sahabat saya, Ramadhan KH, untuk meminta izin menulis tentang saya. Waduh, kehormatan besar sekali Anda mau menulis biografi saya karena Anda itu sudah mengangkat tulisan-tulisan dari seorang Pak Soeharto, Bu Soeharto. Surjadi ini bisa dikata apa? Bisa dibilang nothing. Tapi setidaknya tulisan itu bisa ditinggalkan untuk anak cucu saya,” ujar Surjadi saat peluncuran buku biografinya.

Beberapa panelis yang menjadi pembicara dalam peluncuran buku biografi mantan Gubernur DKI Jakarta ini menggarisbawahi ada dua kualitas kepemimpinan dari seorang Surjadi yang perlu ditiru, yaitu memberikan keteladanan dan mempunyai inovasi selama jadi pemimpin. (Agivonia Vidyandini)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: