Edvan Kautsar Berbagi Tips Mengatur Keuangan

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Jakartakita.com – Talkshow hari kedua dalam acara Book Fair di Kementerian Perindustrian, yang berlangsung Rabu (13/4/2016), menghadirkan pembicara Edvan M Kautsar, seorang penulis, motivator, dan entrepreneur. Talkshow ini dihadiri oleh mahasiswa dari Kampus Haula Cendikia Istiadzah, Bogor.

Dalam talkshownya, yang bertema “Manage your money and money will follow you,” Edvan berbagi tips dan sharing pengalaman hidupnya dari dia mengalami kesulitan hidup hingga sukses seperti sekarang ini.

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Ketika masih duduk di bangku SMP, keluarganya mengalami kebangkrutan. Hingga akhirnya, Edvan mempunyai target, di usianya ke-20 tahun sudah harus bisa membahagiakan kedua orang tuanya. Edvan sejak usia 18 tahun sudah ikut komunitas bisnis, menjadi volunteer di event, walau hanya dibayar dengan makan, membuka usaha kecil-kecilan, hingga menjadi pembicara sampai sekarang.

Hidup adalah proses menemukan keberhasilan, jangan pernah takut menerima kegagalan. Kebanyakan orang sukses kalau bercerita tentang pengalamannya, akan menceritakan susahnya selama perjuangannnya. “Kalo kita sungguh-sungguh, “Man Jadda Wa Jadda.” Selama kita tidak pernah menyerah, Tuhan pasti membantu kita,” ujar Edvan.

Edvan juga membagi tips cara mengatur keuangan, yaitu:

  1. Cicilan uang 30%
  2. Tabungan dan investasi 10%
  3. Tabungan asuransi 10% (syariah)
  4. Biaya hidup 50%

“Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita, tapi terkadang bungkusnya seperti buah duren yang fisiknya tidak menarik tapi isinya manis sekali. Kebanyakan manusia tidak menerima apa yang Tuhan berikan. Intinya, jangan melakukan hal-hal yang Tuhan larang,” ujar Edvan saat talkhow.

“Energi yang diubah menjadi kebaikan dan terus-menerus berbuat, nantinya kebaikan itu akan kembali ke diri kita, sedekah yang kita beri akan kembali ke diri kita,” imbuhnya.

Saat talkshow, Edvan juga memutarkan cuplikan film dari Thailand yang berkisah tentang kebaikan yang tidak akan ada habisnya.

Kunci sukses mengelola keuangan :

  1. Siapkan dana untuk masa depan
  2. Perbanyak Investasi, emas – ikut gabung ke bisnis temen – membedakan mana sumber konsumsi dan investasi
  3. Bedakan kebutuhan dan keinginan
  4. Temukan 7 mata air penghasilan kehidupan

Bekerjalah untuk berinvestasi. Jangan pernah takut mencoba. Buatlah keinginan yang sesuai dengan passion kita, contoh: Passion, Visi, dan Misi yang harus dijalankan agar kita punya target dalam mencapai hidup.

“Sebagai manusia, kita memang tidak bisa mengubah takdir tapi kita bisa mengubah hidup kita. Dan, sebaik-baik manusia, ialah manusia yang bermanfaat,” ujar Edvan sebagai penutup talkshow.

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Edvan juga menulis sebuah buku berjudul “Be a Passionpreneur” yang masih dalam Pre Order.

Facebook : Edvan M Kautsar / blog : edvanmkautsar.blogspot.com / Twitter : @EdvanMKautsar / Instagram : @EdvanKautsar / Email : edvan_m_kautsar@yahoo.co.id dan websitenya www.edvanmkautsar.com (Indah Purwati)

Comments

comments




0 thoughts on “Edvan Kautsar Berbagi Tips Mengatur Keuangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire