Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Belajar “Branding” Diri Lewat Media Sosial Bareng Ginza Rheza

235
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Jakartakita.com – Ginza Rheza, seorang konsultan personal branding dan media sosial, menjadi pembicara di talkshow hari ketiga book fair Kemenperin, Kamis (14/4/2016). Talkshow ini mengusung tema “Welcome to Digital Age, Be Smart, Creative, and Positive User”. Talkshow ini dihadiri mahasiswa dari STIKIM.

Social media sangat penting sekali untuk saat sekarang, apapun semuanya di-post. Tapi juga harus bijak tentang post yang akan di-share. Media sosial kadang bisa jadi ladang duit yang bermanfaat,” ujar Ginza.

Media sosial yang digunakan sekarang sangat beragam, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, LinkedIn, dan Path. Semua media sosial yang ada jika digunakan untuk hal yang berguna bisa menjadi penghasilan yang besar.

Beberapa tips dan cara penggunaan sosial media yang Ginza share saat talkshow, seperti :

  1. Pengguna Facebook diusahakan jangan menggunakan nama alay, share info penting, tidak spam, tidak menggunakan akun pribadi untuk jualan.
  2. Pengguna Twitter sebainknya retweet (RT) info penting, opini lewat reply, jangan menyebar info hoax, RT quotes inspiratif, keep 145 karakter, gunakan hashtag, jangan marah-marah, jangan spam jualan di akun pribadi, spam follback orang tak dikenal. Di bio, masukin job desc, buat semacam pengakuan diri di media sosial. Tulis apa saja, tentan hobi, pekerjaan.
  3. Pengguna Instagram follow your passion, instal app edit foto, Instagram is the new Google, hashtag untuk mencari sebuah brand, jawab informatif dengan RT, mengapreasi karya orang dengan member Love atau comment.
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Jangan memberi hashtag alay dan tidak nyambung. Don’t judge people by their photos, too much selfie. Jangan gunakan hashtag untuk mendapatkan like, jangan beli follower dan like. Di bio cantumkan hal yang menjadi favorit, kesukaan, ketertarikan kita.

Tipsnya adala Hi-res, Consistent, Strong,and Loveable Image. Instagram adalah kekuatan hidup saat ini. Tekun, rajin, konsisten.

  1. Pengguna Snapchat, the next generation dari Instagram, be real, informatif, update, life, dan tanpa rekayasa. Be unique, fun, jangan spam.
  2. Pengguna LinkedIn, cari berbagai link profesional di sini, masukan pengalaman di sini, agar Google bisa mencari namanu dengan mudah. Tips, update, pertanggung jawab. LinkedIn adalah sebuah curriculum vitae yang berbasis digital.
  3. Pengguna Path, tergabung dalam jaringan yang lebih intim. Share-share, link di caption, batasi friend, be fun, beri opini yang tajam. Fitur no circle atau favourite, jangan mass tag, too much update, caption panjang, mudah tersinggung, dan komplain terus. Berhubungan dengan privasi.

“Semua hal di atas berpengaruh jika kita akan apply ke sebuah perusahaan, karena biasanya HRD akan mencari nama kita di Google. Maka itu, harusnya kita harus membranding diri kita di sosial media, memang butuh waktu lama untuk membuat akun sosial media kita dikenal dan dipercaya orang banyak. Sebuah brand sebegitu kuat di dalam diri kita karena brand tersebut baik secara kualitas, begitu pun manusia jika tidak membranding diri kita sendiri,” ungkap Ginza saat mengisi talkshow.

Jika sebuah akun media sosial sudah digemari, maka pemasang iklan akan tertarik untuk memasang iklan. Misalnya aplikasi Dagelan, untuk iklan di Dagelan, termasuk akun media sosial, Rp 12 juta. @anakjajan sekali post dibayar Rp 3 juta, @tysnasaputra fashion cowok di-endorse konsisten dengan stylenya, @cindercella Beauty blogger di endorse brand lokal dan internasional.

Setiap orang mempunyai karakter masing-masing. Karakter ada empat jenis, yaitu angin (kemana kemari, fun, penuh ide, enjoy), air (santai, slow, rapi, kalem, diem, kerja aman), api (tidak sabaran, tidak suka basa basi), dan bumi (menyempurnakan dari ketiga karakter di atas, harmonis). “Jangan sampai dari karakter satu menjadi karaktermu lain, karena manusia diciptakan berbeda-beda untuk saling melengkapi,” jelas Ginza.

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati
foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

 

Ginza juga memberikan beberapa petuah sebagai penutup talkshow:

You’re what you post! You account = your personality

Socmed itu mulut, perasaan, perilaku, attitude, manner, so harus bertanggung jawab!

Look around, find your strength, consistent, and open for input (listening)

Benefit? Visible, memorable, top of mind. A personal brand – your reputation.

Success on the the virtual platform, online with social value

 

Ginza Resha bisa dihubungi lewat emailnya Ginzarheza@yahoo.com (Indah Purwati)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: