Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Data OLX Kuartal 1, Geliat Kuat Ekonomi Terlihat Di Jual Beli Barang Bekas

44
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha
foto: Jakartakita.com/Putri Maretha

Jakartakita.com-Misalnya pada kuartal 4 tahun 2015 lalu, data di OLX menunjukkan bahwa jumlah transaksi yang terjadi mencapai 1,4 juta transaksi per bulan, yang naik menjadi lebih dari 1,6 juta transaksi per bulan di Q1 tahun 2016 atau sebesar 18%. Yang menarik, nilai transaksi tercatat naik lebih tinggi, dari 51 triliun sepanjang Q4 2015 menjadi Rp 73 triliun di sepanjang Q1 2016 atau tumbuh sebesar 43%.

Pertumbuhan ini terjadi di berbagai kategori di OLX dan tersebar cukup merata di seluruh Indonesia. Selain terjadi karena di kategori terbesar OLX seperti gadget, mobil dan motor, ada beberapa kategori lain yang juga bertumbuh pesat, yaitu sektor jasa, lowongan pekerjaan, bangunan komersial dan hobi komersial.

“Angka pertumbuhan di berbagai kategori ini mengindikasikan bahwa masyarakat sudah semakin terbiasa untuk jual beli barang bekas. Kami senang bahwa OLX sebagai platform jual beli barang bekas terbesar di Indonesia dapat mendukung pergerakan ekonomi Indonesia,” ujar Chief Executive Officer OLX Indonesia, Daniel Tumiwa.

OLX mencatat jumlah pengguna aktif yang naik menjadi 20 juta orang setiap bulan dan jumlah penjual yang naik menjadi lebih dari 900 ribu orang per bulan.

Selain jumlah pengguna aktif yang naik, jumlah iklan yang terpasang di OLX juga naik sebesar 20% menjadi 4,8 juta iklan setiap bulannya.

Beberapa kategori yang di highlight antara lain dari kategori jasa, terlihat adanya kenaikan dari jumlah iklan sebelumnya 34% dan jumlah iklan yang mendapat buyer juga meningkat sebanyak 42%. Iklan lowongan pekerjaan naik 18%, dengan jumlah total pelamar naik 53%. Sebagai catatan lowongan pekerjaan yang ditawarkan mayoritas adalah bekerja untuk sektor informal atau staff, seperti driver, kasir, hingga pegawai administrasi. Bangunan komersial dijual dan disewakan juga naik 20% dari sisi jumlah iklan, dan jumlah bangunan komersial yang terjual atau tersewa naik signifikan sebesar 30%.

Geliat ekonomi ini juga terlihat dari seberapa cepat konsumen Indonesia melakukan upgrade untuk barang yang mereka miliki seperti mobil dan motor. OLX mencatat bahwa masyarakat Indonesia rata-rata mengupgrade mobilnya sebelum 4 tahun pemakaian. Dan untuk kategori motor, masyarakat mengupgrade motornya sebelum 2 tahun pemakaian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: