Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

7 Penyebab Mengapa Berat Badan Wanita Mudah Naik

50
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kenaikan berat badan adalah momok menakutkan bagi wanita. Banyak penyebab mengapa berat badan wanita bisa tiba-tiba naik drastis. Namun sayangnya tidak banyak wanita yang tahu mengapa badannya bisa tiba-tiba ‘membengkak’ seperti itu.

Bukannya mencari tahu dan segera mencari solusi. Para wanita biasanya malah frustasi memikirkan berat badannya yang terus naik. Akhirnya karena stress berat badan malah semakin naik tak terkendali.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, berikut adalah 8 penyebab berat badan wanita bisa naik:

wanita tidak menyadari jika berat badan mereka naik tiba-tiba. Karena

Ketidakseimbangan hormon

Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi tertentu atau sedang mengasup obat-obatan tertentu biasanya akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal inilah yang menjadi ‘biang kerok’ mengapa tiba-tiba wanita punya nafsu makan yang berlebihan.

Stres

Wanita mengalami stres lebih sering daripada pria. Stres dapat memicu kelenjar adrenal menghasilkan lebih banyak kortisol untuk mengalahkan stres, tetapi ternyata membuat berat badan bertambah.

Terlalu malas

Karena jarang berolahraga dan kurang aktif bergerak secara fisik, wanita mulai merasakan kenaikan berat badan. Jadi, selalu pastikan diri Anda aktif dan sehat, sehingga metabolisme tubuh selalu baik.

Akibat penuaan

Ketika usia Anda terus bertambah, maka tubuh menjadi lemah. Selain itu, biasanya wanita juga akan kehilangan semangat untuk berolahraga, karena tubuh menjadi kurang aktif. Pada saat yang sama, metabolisme tubuh juga menurun, sehingga berat badan akan naik.

Kebiasaan makan buruk

Kebiasaan makan yang buruk menyebabkan kenaikan berat badan pada wanita. Bila Anda melewatkan makan sehat, maka berat badan Anda akan bertambah beberapa kilogram.

Insulin

Setelah melewati usia 35 tahun, tubuh wanita berisiko doyan mengonsumsi makanan berkalori tinggi, termasuk gula. Selain itu, sel-sel tubuh juga akan menjadi resisten terhadap insulin jika Anda masih terus mengonsumsi makanan seperti ini.

Nafsu makan meningkat

Nafsu makan yang meningkat bisa berbahaya bagi tubuh. Ketika Anda mulai makan lebih banyak makanan, maka akan lebih banyak lagi kalori yang membuat tubuh menyimpannya. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: