Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

BPS : Telah Terjadi Perbaikan Pemerataan Pendapatan

50
penduduk miskin
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi penurunan tingkat kesenjangan penduduk Indonesia yang ditandai dengan rasio gini 0,40 per September 2015, atau menurun 0,01 poin dibandingkan Maret 2015 sebesar 0,41.

“Artinya, terjadi perbaikan pemerataan pendapatan,” kata Suryamin, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (18/4/2016).

Dijelaskan, berbagai faktor yang berpengaruh terhadap perbaikan tingkat kesenjangan penduduk, antara lain; kenaikan upah buruh pertanian 1,21 persen pada periode Maret-September 2015 dan kenaikan upah buruh bangunan 1,05 persen pada periode yang sama.

Selain itu, menurut data Survei Angkatan Kerja Nasional, terjadi peningkatan jumlah pekerja bebas, baik pekerja bebas pertanian maupun non pertanian dari 11,9 juta orang per Februari 2015 menjadi 12,5 juta orang pada Agustus 2015.

Berdasarkan data Susenas, juga terjadi kenaikan pengeluaran kelompok penduduk bawah lebih cepat dibandingkan kelompok penduduk atas yang terjadi karena upaya pembangunan infrastruktur padat karya, bantuan sosial serta perbaikan pendapatan PNS golongan bawah.

Asal tahu saja, rasio gini merupakan indikator dalam mengukur ketimpangan atau kesenjangan distribusi pendapatan masyarakat dengan skala 0 hingga 1, yang berarti semakin tinggi nilai rasio gini maka makin tinggi ketimpangan yang terjadi di masyarakat.

Meskipun demikian, terdapat empat provinsi yang nilainya di atas rata-rata rasio gini nasional sebesar 0,40 yaitu Papua Barat dan Jawa Barat masing-masing 0,43 serta DKI Jakarta dan DI Yogyakarta masing-masing 0,42.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: