Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pengenaan Cukai Kemasan Plastik Ditolak 16 Asosiasi

58
cukai plastik
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sebanyak 16 asosiasi produsen dan pengguna plastik di Indonesia yang tergabung dalam Forum Pengguna Plastik menolak rencana pemerintah untuk mengenakan cukai pada kemasan plastik.

“Penolakan ini disuarakan sebagai tindak lanjut dari adanya wacana pengenaan cukai kemasan plastik oleh pemerintah melalui media massa,” kata Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia, Rahmat Hidayat,  di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Lebih lanjut dijelaskan, pengenaan cukai plastik tidak sesuai dengan kriteria barang kena cukai yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

Dari aspek lingkungan, lanjut Rahmat, kemasan dari plastik dapat didaur ulang sebagai bahan baku dan energi. Selain itu, pengenaan cukai tersebut akan menyebabkan naiknya biaya produksi, menurunkan permintaan, yang berakibat pada melemahnya daya saing.

Rahmat menambahkan, seluruh anggota forum meminta pemerintah lebih berhati-hati dalam mewacanakan pengenaan cukai serta mempertimbangkan seluruh dampak yang akan ditimbulkan bagi pemangku kepentingan.

“Kami siap untuk terlibat aktif guna memberikan masukan kepada pemerintah agar kebijakan yang dihasilkan bermanfaat bagi semua pihak,” tandas Rahmat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: