Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Microsoft Indonesia, PT Saptaindra Sejati dan Kartuku Siap Lakukan Transformasi Bisnis di Era Digital

65
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Jakartakita.com – Microsoft Indonesia bersama dengan PT Saptaindra Sejati, salah satu kontraktor mining terbesar di Indonesia dan Kartuku, sebuah perusahaan pionir penyedia pembayaran sistem lektronik di Indonesia, sepakat bahwa strategi digital, khususnya pemanfaatan data, merupakan kunci utama untuk mendukung perusahaan dalam menghadapi kelabilan ekonomi serta bertahan di era pasar persaingan terbuka saat ini. Hal ini diungkapkan oleh ketiga perusahaan besar ini dalam acara bertajuk “Transformasi Digital Bisnis Menuju Perusahaan Berbasis Data” yang diadakan di Fairmont Hotel Jakarta, 20 April 2016.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Microsoft dengan sebuah perusahaan riset pasar independen pada tahun 2016, 91% dari para pemimpin bisnis di Asia Tenggara sepakat bahwa bisnis yang kuat perlu didorong oleh data yang tepat, tetapi masih kurang dari separuh perusahaan (44%) telah memiliki strategi digital.

foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Hermanto, IT Head, PT Saptaindra Sejati mengungkapkan, “untuk mendukung bisnis agar lebih kompetitif, perusahaan kami telah menerapkan strategi digital. Selain perangkat teknologi yang tepat, kultur perusahaan juga merupakan faktor penting dalam transformasi digital. Tanpa keterbukaan untuk berubah, baik secara natural atau karena inisiatif tertentu, transformasi digital akan menjadi sulit untuk dilakukan oleh perusahaan tersebut.” Selanjutnya Hermanto mengatan “Dengan transformasi digital ini, sangat teramat efisien dalam biaya yang perusahaan kami keluarkan, jadi tidak adanya pemborosan.”

Di jaman yang sudah menggunakan prinsip mobile-first, cloud-first ini, teknologi sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidpan manusia sehari-hari. Penggunaan data pun kini tengah bertransformasi menjadi mata uang ekonomi digital. Bisinis yang mampu mengubah data menjadi insight dan menggunakan data untuk memperkirakan masa depan dipercaya akan mampu menciptakan aliran pemasukan baru bagi perusahaan.

foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

“Data-data yang dibutuhkan oleh tim manajemen kami meliputi pola pemakaian kartu kredit, pola transaksi belanja di retailer Indonesia, program promo dari perbankan yang disukai, dan seasonality belanja pelanggan. Jadi kapan seseorang belanja dan barang yang dibelinya itu apa saja dapat membantu sebuah perusahaan untuk lebih banyak menarik pengunung lewat promo-promo via sms yang sering masuk ke handphone banyak orang jika sedang di mall atau area publik lainnya” pernyataan Adrian Anwar, Vice President Director, Kartuku.

Aries Triwahyudi, Cloud & Enterprise Business Group Head, Microsoft Indonesia menambahkan “Strategi digital dan pengelolaan data merupakan prioritas utama para pembuat keputusan saat ini, karena pengelolaan data dapat membantu proses analisis secara real time, baik analisis big data maupun analisis prediksi.”

foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Dengan banyaknya tantangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan dalam menerapkan strategi digital, Microsoft pun turut menghadirkan SQL Server 2016 sebagai solusi untuk mengelola kompleksitas data di era digital ini. “SQL Server 2016 juga memungkinkan para pembuat keputusan untuk mengakses data di perangkat mobile secara real-time. Kemampuan ini didukung dengan kompatibilitas SQL Server 2016 di berbagai platform mobile  dan OS, sehingga memungkinkan para pengambil keputusan untuk mengakses data perusahaan di mana saja dan kapan saja secara aman,” jelas Aries.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: