Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hari Ini, Pendaftaran SBMPTN 2016 Mulai Dibuka

73
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mulai hari ini, Senin (25/4/2016), Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 menjadwalkan pembukaan pendaftaran hingga 20 Mei 2016.

Proses pendaftaran sendiri bisa diakses melalui laman resmi SBMPTN 2016. Setelah mengisi beberapa data, nantinya peserta akan mendapat kode bayar dan diminta untuk membayar biaya pendaftaran senilai Rp200 ribu melalui Bank BNI atau Mandiri.

Setelah melakukan pembayaran, peserta masuk kembali ke laman SBMPTN 2016 untuk melanjutkan proses pendaftaran. Adapun beberapa yang harus disiapkan adalah pas foto untuk diunggah bersama dengan pengisian data diri.

Peserta kemudian memilih lokasi ujian dan pilihan program studi yang diminati. Tahun ini, panitia SBMPTN 2016 menyediakan dua metode ujian, yakni computer based test(CBT) dan paper based test (PBT). Namun, penyelenggaraan CBT hanya tersedia di 30 universitas dan jumlahnya cukup terbatas. Tak hanya itu, peserta CBT juga hanya bisa mengikuti kelompok bidang sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum). Sedangkan yang mengambil campuran hanya tersedia ujian PBT.

Untuk program studi (prodi), masing-masing peserta diberi kesempatan memilih maksimal tiga prodi. Para peserta yang memilih satu prodi dapat memilih PTN di mana pun. Tetapi, bagi yang memilih lebih dari dua prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Setelah semua proses selesai dengan sukses, peserta akan memperoleh kartu peserta ujian yang wajib dibawa saat tes berlangsung. Pelaksanaan SBMPTN sendiri, baik CBT maupun PBT akan diselenggarakan pada 30 Mei 2016.

1 Comment
  1. Ana says

    Pendaftaran SBMPTN sudah hampir ditutup, semangat untuk siswa yang akan melanjutkan studi, semoga sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: