Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

iTunes Movies dan iBooks Tidak Bisa Diakses di China

75
foto: macobserver
foto: macobserver

Jakartakita.com – Minggu lalu, warga China yang hendak mengakses toko buku digital iBooks atau layanan film iTunes Movies lewat perangkat Apple tiba-tiba disambut pesan berbahasa Mandarin yang menyatakan bahwa kedua layanan tersebut “tidak bisa dipakai”.

Seperti dilansir dari BBC, Pemerintah China ternyata memang telah memblokir iBooks dan iTunes Movies, hanya dalam waktu enam bulan sejak keduanya mulai tersedia tahun lalu.

Perintah untuk memblokir dikeluarkan oleh lembaga pengawas aktivitas media di China, yakni State Administration of Press, Publication, Radio, Film, and Television.

Pemblokiran terhadap layanan Apple ini diduga merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk mengonsolidasikan kendali atas internet dan organisasi-organisasi media.

Pada Maret lalu, China mengeluarkan regulasi baru yang mengatur publikasi online dengan lebih ketat, khususnya yang dimiliki oleh perusahaan asing.

Salah satu poin dalam regulasi menyatakan bahwa segala konten online yang dikonsumsi oleh masyarakat China harus disimpan di dalam server yang juga berlokasi di Negeri Tirai Bambu ini.

Regulasi super ketat dari negari Tirai Bambu inilah yang membuat para pemain lokal seperti Huawei, Alibaba menjadi raja di China.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: