Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kalahkan Fiorentina, Juventus Selangkah Lagi Juara Serie A

41

 

evra mandzukicJakartakita.com – Juventus tinggal selangkah lagi menjuarai Serie A musim 2015-16, setelah pada Senin (25/4/2016) dini hari WIB meraih kemenangan 2-1 atas tim tuan rumah Fiorentina di Stadio Artemio Franchi. Gol Alvaro Morata (83’) menjadi penentu kemenangan La Vecchia Signora, setelah kedudukan sempat imbang. Gol Mario Mandzukic (39’) untuk Juventus disamakan La Viola lewat gol Nikola Kalinic (81’).

Dengan kemenangan yang diraih, Juventus mengumpulkan 85 poin dari 35 laga. Tim asuhan Massimiliano Allegri ini unggul 12 poin dari rival terdekatnya, Napoli, yang baru bermain 34 laga. Dengan demikan, Juventus hanya bisa gagal menjadi juara andaikata kalah dalam keseluruhan tiga laga sisa, sedangkan Napoli terus meraih kemenangan di empat laga sisa dan unggul selisih gol di akhir musim.

Andaikata Napoli gagal meraup poin penuh di kandang AS Roma, Stadio Olimpico, dalam pertandingan yang berlangsung Senin malam WIB, maka Juventus dipastikan juara.

Sedangkan kekalahan membuat Fiorentina yang berada di urutan kelima tetap mengumpulkan 59 poin. Fiorentina masih unggul enam poin dari AC Milan di urutan enam, tapi Milan dapat memangkas selisih poin jika menang atas Hellas Verona pada Senin malam WIB.

Fiorentina yang bermain di kandang sendiri menciptakan peluang pertama dalam laga, sebuah tembakan Josip Ilicic pada menit ke-14 dapat ditangkap kiper legendaris Juventus Gianluigi Buffon. Dua menit berselang Sami Khedira menyarangkan bola ke gawang Fiorentina setelah menerima operan Mandzukic, namun tak terjadi gol karena ia telah berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-20, Federico Bernardeschi menceploskan bola ke gawang Juventus. Tapi juga tak terjadi gol, karena ia telah berada dalam posisi offside saat menerima umpan Ilicic. Sembilan menit berselang tembakan Milan Badelj dari luar kotak penalti Juventus meleset ke kiri gawang, sedangkan tembakan Cristian Tello pada menit ke-32 ditahan Buffon.

Saat waktu babak pertama tersisa enam menit, Mandzukic membawa Juventus unggul. Umpan lambung Khedira disundul Paul Pogba di kotak penalti Fiorentina, lalu bola langsung disambar Mandzukic dengan tendangan voli masuk ke gawang tim tuan rumah. Keunggulan Juventus bertahan sampai turun minum.

Saat babak kedua berjalan delapan menit, Mauro Zarate masuk ke lapangan menggantikan Ilicic yang mengalami cedera. Sebuah tembakan diluncurkan Zarate pada menit ke-60, dapat ditangkis Buffon hingga bola keluar lapangan. Semenit berselang, il portiere menepis tembakan Kalinic keluar lapangan.

Pada menit ke-81, Kalinic akhirnya dapat menaklukkan Buffon. Zarate dapat merebut bola dari kaki Leonardo Bonucci, sehingga si kulit bundar dapat dikuasai Kalinic. Ia lalu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti Juventus dengan kaki kanan, yang bersarang di pojok kiri bawah gawang yang dikawal Buffon.

Tapi kedudukan imbang hanya bertahan dua menit. Pada menit ke-83, Morata yang masuk menggantikan Paulo Dybala pada menit ke-70 membawa Juventus kembali unggul. Sepak pojok Pogba disontek Mandzukic, bola yang bergulir di kotak penalti Fiorentina disambar Patrice Evra dengan tembakan kaki kiri. Si kulit bundar diblok Milan Badelj, tapi bola rebound disontek Morata menjadi gol dengan menggunakan kaki kanan.

foto: espn
foto: espn

Setelah mencetak gol, Morata yang larut dalam kegembiraan berlari ke arah sisi lapangan yang ditempati para pendukung Juventus untuk melakukan perayaan atas gol yang dicetaknya. Atas perbuatannya ini, ia diganjar kartu kuning oleh wasit.

Saat waktu normal tersisa semenit, Fiorentina mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Juan Cuadrado, yang baru semenit masuk lapangan menggantikan Stephan Lichtsteiner, menjatuhkan Kalinic di kotak penalti Juventus. Penalti diberikan kepada La Viola, sedangkan Cuadrado mendapat kartu kuning. Namun tembakan Kalinic yang menjadi algojo tendangan 12 pas dapat ditangkis Buffon. Bola rebound coba disontek Bernardeschi sambil melakukan sliding, tapi bisa diblok Buffon.

Pada injury time, Kalinic kembali berpeluang untuk menyamakan kedudukan. Kali ini sundulannya dalam sebuah situasi set piece tendangan sudut hanya menerpa mistar gawang Juventus.

 

Susunan Pemain

Fiorentina: 12 Ciprian Tatarusanu; 2 Gonzalo Rodriguez (booked 57’), 4 Nenad Tomovic, 13 Davide Astori, 28 Marcos Alonso; 5 Milan Badelj (32 Facundo Roncaglia 88’), 10 Federico Bernardeschi, 20 Borja Valero, 27 Cristian Tello (14 Matías Fernández 62’), 72 Josip Ilicic (7 Mauro Zárate 53’); 9 Nikola Kalinic

 

Juventus: 1 Gianluigi Buffon; 15 Andrea Barzagli, 19 Leonardo Bonucci, 24 Daniele Rugani; 6 Sami Khedira, 10 Paul Pogba (22 Kwadwo Asamoah 84’), 18 Mario Lemina, 26 Stephan Lichtsteiner (16 Juan Cuadrado 88’(booked 89’)), 33 Patrice Evrà; 17 Mario Mandzukic, 21 Paulo Dybala (9 Álvaro Morata 70’(booked 83’))

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: