Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bikin PT Kini Lebih Murah dan Cepat

57
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kabar gembira bagi Anda yang sedang berencana ingin melegalkan usaha Anda. Pasalnya dengan adanya Paket Kebijakan jilid XII, proses pendirian perseroan terbatas (PT) menjadi lebih mudah dan murah.

Kalau sebelumnya berdasarkan UU nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan terbatas, modal minimal untuk pendirian PT dipersyaratkan Rp50 juta. Namun  kini untuk UMKM, modal dasar ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri PT yang dituangkan dalam akta pendirian PT.

Selain itu, pembentukan PT yang awalnya harus melalui 13 prosedur dipangkas menjadi tujuh prosedur. Jika awalnya biaya untuk mendirikan PT sekira Rp7,8 juta, maka kini hanya sekira Rp2,7 juta.

Pemangkasan prosedur ini pun menghabiskan waktu 10 hari dari awalnya 47 hari. Dan izin yang diperlukan pun hanya tiga, yakni SIUP dan TDP terbit bersamaan serta akta pendirian. Padahal sebelumnya membutuhkan lima izin, SIUP, TDP, Akta pendirian, izin tempat usaha, dan izin gangguan.

Berikut tujuh cara mendirikan PT dengan deregulasi tersebut:

1. Pengajuan nama perusahaan, pembayaran untuk pesan nama, penerbitan izin penggunaan nama perusahaan dilakukan dalam satu sistem pelayanan dengan lama proses pengurusan dua hari kerja dengan biaya Rp200 ribu.

2. Memperoleh standar akta perusahaan dari notaris, satu hari kerja dengan biaya Rp1 juta untuk PT.

3. Pengajuan izin pendirian badan hukum, penerbitan izin pendirian badan hukum, pembayaran PNBP, pengesahan badan hukum, satu hari kerja dengan biaya Rp1 juta.

4. Pengajuan SIUP dan TDP serta BPJS Kesehatan secara online di PTSP, satu hari kerja tanpa biaya.

5. Pendaftaran perusahaan di Dinas Tenaga Kerja, satu hari kerja tanpa biaya.

6. Pengajuan daftar BPJS Ketenagakerjaan secara online, dua hari kerja tanpa biaya

7. Mendapatkan nomor NPWP dan VAT Collector Number Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP) secara online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: