Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

May Day, Begini Skenario Pengalihan Lalu Lintas di Jakarta

39
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Polda Metro Jaya memprediksi, 50 ribu buruh dari berbagai daerah bakal ‘gerudku’ Jakarta pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, Minggu (1/5/2016). Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya pun sudah menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas saat May Day.

Sebanyak 16.843 personel diturunkan untuk mengamankan peringatan May Day itu. Mereka terdiri dari Satuan Tugas Polda (Satgasda), Satuan Tugas Polres (Satgasres), BKO Mabes Polri, BKO TNI dan BKO Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Kegiatan itu bertepatan dengan pelaksanaan car free day (CFD).

Berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya, berikut ini skema pengalihan arus saat pelaksanaan May Day:

– Pengalihan arus traffic light (TL) Harmoni dan sekitar Istana Negara:

  1. Arus kendaraan dari arah Jalan Suryo Pranoto yang ingin menuju Jalan Sudirman-Thamrin diluruskan ke arah Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan Gajah Mada, maupun ke kiri Jalan KH. Hasyim Ashari- Grogol-Jalan S. Parman maupun Daan Mogot.
  2. Arus kendaraan dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman- Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda-Jalan Pos- Dr. Sutomo- Gunung Sahari.
  3. Arus kendaraan dari arah Veteran  menuju Jalan Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto-Tomang-Balikpapan-Kyai Caringin-Tomang Raya-Jalan S. Parman atau ke Jalan Gajah Mada, maupun ke kiri Jalan KH. Hasyim Ashari-Grogol-Jalan S. Parman maupun Daan Mogot.
  4. Arus kendaraan dari Veteran 1 menuju ke arah Harmoni diputarbalikkan menuju Jalan IR. H. Juanda lalu ke arah Pasar Baru
  5. Arus kendaraan dari Medan Merdeka Utara menuju ke arah TL Oteva diputarbalikkan menuju ke arah Jalan Veteran 1
  6. Arus kendaraan dari Medan Merdeka Timur dibelokkan menuju Jalan Perwira

– Pengalihan arus Bundaran Air Mancur/Monas.

  1. Arus kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat melalui TL. Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Facherudin.
  2. Arus kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Facherudin.
  3. Arus kendaraan dari arah Kwitang Senen menuju Monas diputarbalikkan di doorbrak(jalan penghubung jalur cepat dan jalur lambat) Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur-Gambir.

– Pengalihan arus Kebon Sirih-Sarinah.

  1. Arus kendaraan dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Facherudin, KH Mas Mansyur.
  2. Arus kendaraan dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih-Tugu Tani.

– Pengalihan arus Bundaran HI

  1. Arus kendaraan dari arah Sudirman ke arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang- Kendal-Latuharhari atau Tanjung Karang belok ke kiri Blora – kembali lagi Sudirman arah Semanggi.
  2. Arus kendaraan  dari arah Kendal menuju ke Tanjung Karang ditutup dan dialihkan ke arah Blora lalu ke kiri Sudirman arah Semanggi
  3. Arus kendaraan dari Jalan Imam Bonjol dibelokkan menuju Jalan Pamekasan.

– Pengalihan arus sekitar Gedung MPR/DPR RI

1. TL Lapangan Tembak
– Kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Pal Merah.

2. Fly over Senayan
– Kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda (tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR/MPR RI)
– Kendaraan massa dari arah selatan (Jalan Gerbang Pemuda) diarahkan lurus naik fly over menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong fly over menuju TL Lapangan Tembak

3. Semanggi
– Kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke arah Bundaran Senayan (tidak ada yang lurus ke arah barat)
– Kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus ke arah utara Bundaran HI
– Kendaraan massa dari arah utara diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan

4. Pospol Pal Merah
– Kendaraan massa dari arah utara (dari Pejompongan/Manggala) diarahkan lurus ke arah Permata Hijau

5. TL Pospol Pejompongan
– Kendaraan massa dari arah utara diarahkan lurus ke arah Permata Hijau

– Pengalihan arus jalan tol sekitar DPR/MPR RI

1. Darmais
– Arus lalu lintas dari barat menuju ke timur keluar off ramp Darmais dialihkan ke Jalan Katamso atau ke kiri KS. Tubun, Palmerah atau Pejompongan maupun diputarbalikkan

2. Semanggi
– Arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto atau tol dalam kota keluaroff ramp Cakra yang menuju DPR/MPR atau Slipi dialihkan ke kiri Jenderal Sudirman-Sisingamaraja atau dialihkan di Semanggi turun ke bawah Jalan Jenderal Sudirman-Karet atau lurus ke Jalan MH. Thamrin
– Arus lalu lintas yang datang dari arah Blok M Jalan Jenderal Sudirman yang ingin mengarah ke DPR-MPR/Slipi diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman ke kiri Karet atau lurus ke Jalan MH Thamrin

3. Kuningan
– Arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto (Arteri) dialihkan ke Jalan Kapten Tendean ke kiri Mampang atau lurus Jalan Wolter Mongosidi.
– Arus lalu lintas yang datang dari tol dalam kota keluar off ramp Tegal Parang dialihkan ke kiri Jalan Mampang Prapatan atau ke kanan Jalan HR. Rasuna Said

4. Cawang
– Arus lalu lintas yang datang dari Bekasi (tol dalam kota) menuju ke barat dialihkan ke utara arah Tanjung Priok atau keluar UKI masuk kembali ke tol Jagorawi
– Arus lalu lintas yang datang dari Bekasi (tol dalam kota) menuju keluar off ramp Bank Bukopin dialihkan ke kiri Pasar Minggu atau ke kanan Jalan Supomo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: