Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mei 2016, Indonesia Bakal Punya Institut Otomotif

58
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mulai Mei 2016 mendatang, pemerintah akan membuka institut otomotif  di Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta. Seperti dilansir dari Antara, ide pembukaan institut baru ini menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transpotasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Yan Sibarang Tandiele di depan wartawan di Kawasan Industri Cibitung, Jumat (29/4/2016) adalah inisiatif dari pelaku usaha yang direstui pemerintah.

Pasalnya, Indonesia termasuk agak terlambat untuk membangun institut khusus otomotif. Sementara, negara pesaingnya seperti Malaysia dan Thailand sudah memiliki institut khusus otomotif sehingga industri otomotif di kedua negara tersebut bisa berkembang. Yan menambahkan, dengan berdirinya institut otomotif ini akan menjembatani kebutuhan alih teknologi dan mencetak tenaga kerja handal di sektor industri otomotif.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, institut otomotif dapat menjadi jembatan dan salah satu upaya untuk mengembangkan kompetensi kerja.

Apalagi saat ini total kapasitas produksi perakitan kendaraan bermotor telah mencapai 1,9 juta unit per tahun dan industri komponen telah tumbuh mencapai lebih dari 1.000 unit perusahaan. Sementara total penyerapan tenaga kerja pada industri perakitan, komponen, bengkel, dan layanan purna jual di sektor otomotif mencapai 1,3 juta orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: