Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hore, Ongkos Naik Haji Tahun Ini Turun!

50
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ketua Komisi III DPR Saleh Partaonan Daulay lewat pesan tertulisnya pada Sabtu (30/4/2016), mengatakan Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Komisi III DPR dan pemerintah telah menyepakati BPIH 2016 sebesar Rp34.641.304 atau setara USD2.585.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan dengan penurunan BPIH tersebut, maka penurunan BPIH pada DPR periode ini telah mencapai USD 684 karena pada 2015 juga telah diturunkan sebesar 502 dolar.

Saleh juga mengatakan penurunan BPIH tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan baru yang disepakati dalam pembahasan antara DPR dan pemerintah. Salah satu kebijakan yang berdampak besar adalah pembayaran seluruh kebutuhan jamaah hanya dibayar dalam mata uang rupiah dan riyal Arab Saudi bukan dengan mata uang dolar untuk mencegah terjadinya fluktuasi nilai dlar terhadap rupiah.

Selain itu, Pemerintah Indonesia melalu Kementerian Agama juga melakukan  sejumlah efisiensi pada biaya pemondokan di Makkah. Efisiensi pemondokan sebesar Rp40 milliar pada tahun sebelumnya di Makkah dapat digunakan untuk menghemat pembiayaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: