Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Lagi 12 Pelabuhan Penghubung di Utara Indonesia Diresmikan

47
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Minggu (1/5/2016) kemarin, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan 12 pelabuhan penghubung dan perekat kepulauan terluar utara Indonesia di Tahuna, Sangihe Sulawesi Utara. Kedua belas pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tahuna, Petta, Bukide, Lipang, Kawaluso, Kahakitang, Kawio, Matutuang, Sawang, Kalama, Buhias dan Amurang.

Dalam keterangan tertulisnya kepada media di Jakarta, Senin (2/5/2016), Plt Dirjen Perhubungan Laut, Umar Aris mengatakan untuk mewujudkan pergerakan dinamika pembangunan, peningkatan mobilitas manusia, barang dan jasa, serta mendukung pengembangan wilayah diperlukan sarana dan prasarana transportasi laut.

Pembangunan sarana dan prasarana ini, tambahnya, juga untuk mewujudkan sistem logistik nasional yang efisien dan efektif.

Sementara itu, Menhub mengungkapkan perluasan dan pengembangan kawasan hinterland akan menjadi fokus kementerian setelah peresmian 91 pelabuhan pada tahun ini.

Ke depannya, semua pelabuhan akan dilengkapi dengan sistem bongkar muat yang efisien dan memadai. Menurutnya, kegiatan bongkar muat di pelabuhan di bawah Kementerian Perhubungan harus mengunakan forklift, reachstacker, atau crane.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: