Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Indonesia Jadi Negara Tujuan Investasi Kedua Setelah China

61
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara peringkat kedua dengan tujuan investasi terfavorit setelah Cina yang dinilai oleh berbagai lembaga survei dunia.

Seperti dilansir dari Antara, Manajer Departemen Komunikasi BI Oikos Mando Panjaitan pada diskusi BI Corner di Jakarta, Senin (2/5/2016) mengatakan, bahwa salah satu indikator menjadi negara dengan tujuan investasi adalah realisasi investasi Indonesia yang naik sekitar 15 persen dari tahun lalu diikuti dengan penyerapan tenaga kerja yang juga meningkat.

Selain itu, penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tahun lalu juga meningkat masing-masing di atas 10 persen. Secara global, tingkat kompetitif Indonesia terus meningkat dibandingkan India, Brasil dan Vietnam.

Mando juga menyebut bahwa World Economy Forum (WEF) menilai performa Indonesia membaik dari segi tingkat penegakan korupsi yang semakin kencang, kemudahan berusaha yang membaik serta investasi langsung yang masuk meningkat cukup tajam.

Adapun faktor yang membuat Indonesia semakin menarik dinilai oleh global sebagai tujuan investasi adalah perubahan struktural oleh pemerintah dan otoritas terkait sehingga membuat keyakinan internasional semakin berkembang. Reformasi anggaran (budget reform) juga dinilai positif yang didukung dengan peningkatan biaya infrastruktur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: