Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atletico Madrid Lolos ke Final Liga Champions!

50
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Atletico Madrid lolos ke final Liga Champions keduanya dalam tiga tahun terakhir setelah menyingkirkan Bayern Muenchen. Di leg kedua partai semifinal yang berlangsung di kandang Muenchen, Allianz Arena, Rabu (4/5/2016) dini hari WIB, Atletico kalah 1-2, tapi dapat lolos ke final karena unggul gol tandang dalam agregat gol akhir 2-2. Di leg pertama, Atletico menang 1-0.

Pelatih Muenchen Pep Guardiola membuat tiga perubahan terhadap starting line up di leg pertama. Jerome Boateng, Thomas Muller, dan Franck Ribery menjadi starter, sedangkan Thiago, Juan Bernat, dan Kingsley Coman menjadi cadangan.

Di awal laga, kedua tim menciptakan ancaman lewat tembakan jarak jauh.  Sebuah tendangan Arturo Vidal dari luar kotak penalti Atletico dapat ditangkap kiper Jan Oblak. Sedangkan Atletico menciptakan peluang lewat Gabi, dua tembakannya dari luar kotak penalti Muenchen dapat diselamatkan kiper Manuel Neuer.

Muenchen nyaris unggul pada menit ke-20 setelah Muller memberikan umpan kepada Robert Lewandowski di kotak penalti Atletico. Namun Oblak dapat melakukan blok terhadap tendangan Lewandowski. Semenit kemudian Oblak menangkis tembakan yang diluncurkan Ribery dari jarak 30 meter, lalu menghalau bola rebound sebelum dapat dicocor Lewandowski.

Setelah berbagai serangan, Muenchen akhirnya dapat menciptakan gol dalam pertandingan pada menit ke-31. Berawal dari pelanggaran Augusto Fernandez terhadap David Alaba di luar kotak penalti Muenchen, tendangan bebas diberikan kepada Muenchen. Xabi Alonso maju sebagai penendang, ia dapat meluncurkan bola masuk ke gawang Atletico dengan tendangan kaki kanan. Muenchen unggul 1-0 dalam laga, agregat gol menjadi imbang satu sama.

Dua menit berselang, sebuah penalti didapat Muenchen. Dalam sebuah situasi set piece tendangan sudut, Jose Gimenez menjatuhkan Javi Martinez di kotak penalti Atletico dan mendapat kartu kuning. Muller maju sebagai penendang tendangan 12 pas, tapi sepakannya bisa ditangkis Oblak. Sang kiper lalu menepis sontekan Alonso terhadap bola rebound keluar lapangan. Sampai akhir babak pertama, gol Alonso menjadi satu-satunya gol yang terjadi di babak pertama.

Di awal babak kedua, pelatih Atletico Diego Simeone mengganti Fernandez dengan Yannick Ferreira-Carrasco. Pada menit ke-53, Atletico dapat menciptakan gol penyama kedudukan. Dalam sebuah serangan balik cepat, umpan terobosan Fernando Torres dapat membebaskan Antoine Griezmann dari kawalan para pemain Muenchen. Griezmann lalu menaklukkan Neuer dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti Muenchen.

Dengan gol yang diciptakan, kedudukan menjadi imbang 1-1 dalam laga. Atletico menjadi unggul 2-1 secara agregat, dengan keunggulan satu gol tandang. Muenchen jadi harus mencetak dua gol untuk bisa lolos ke final.

Setelah gol Griezmann tercipta, Atletico cenderung bermain bertahan, mencoba meminimalisir ancaman dari Muenchen. Tendangan Alonso dan Lewandowski dapat diamankan Oblak, namun Muenchen dapat kembali unggul pada menit ke-74. Umpan silang David Alaba dari sayap kiri disundul Vidal, lalu bola ditanduk Lewandowski masuk ke gawang Atletico. Muenchen unggul 2-1, membutuhkan satu gol lagi untuk lolos ke final.

Sebuah tembakan diluncurkan Kingsley Coman, masuk menggantikan Douglas Costa pada menit ke-73, dari luar kotak penalti Atletico pada menit ke-83. Bola bisa ditangkap Oblak. Lalu dalam serangan Atletico setelah itu, penalti tercipta. Penalti diberikan wasit kepada Atletico setelah Torres dijatuhkan Javi Martinez saat menggiring bola. Atas perbuatannya Martinez diganjar kartu kuning.

Tayangan ulang menunjukkan bahwa Torres sebetulnya dilanggar di luar kotak penalti The Bavarians, tapi wasit tetap menunjuk titik putih. Torres sendiri maju sebagai eksekutor, tembakannya dapat dimentahkan Neuer.

Saat peluit panjang dibunyikan, Muenchen unggul dengan skor 2-1. Tapi Atletico yang lolos ke final, karena unggul gol tandang dalam agregat gol akhir 2-2. Di final Atletico akan menghadapi antara Real Madrid atau Manchenster City. Madrid dan City akan bertemu dalam laga leg kedua semifinal di Estadio Santiago Bernabeu pada Kamis (5/5/2016) dini hari WIB.

 

Susunan Pemain

Bayern Muenchen: 1 Manuel Neuer; 8 Javi Martínez (booked 83’), 17 Jérome Boateng, 21 Philipp Lahm, 27 David Alaba; 7 Franck Ribéry, 11 Douglas Costa (29 Kingsley Coman 73’), 14 Xabi Alonso, 23 Arturo Vidal, 25 Thomas Müller; 9 Robert Lewandowski

 

Atletico Madrid: 13 Jan Oblak; 2 Diego Godín, 3 Filipe Luís, 20 Juanfran, 24 José Giménez (booked 33’); 6 Koke (15 Stefan Savic 90’), 12 Augusto Fernández (21 Yannick Ferreira-Carrasco 45’), 14 Gabi, 17 Saúl Ñíguez; 7 Antoine Griezmann (22 Thomas Partey 82’), 9 Fernando Torres

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: