Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Barcelona Gilas Espanyol 5-0

44
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Barcelona sukses menggilas tim rival sekotanya, Espanyol, dengan skor telak 5-0 dalam pertandingan La Liga yang berlangsung di Estadio Camp Nou, Minggu (8/5/2016). Trio MSN mencetak gol dalam pertandingan ini, Lionel Messi mencetak gol pertama (8’), Luis Suarez dua gol (52’, 61’), dan Neymar gol pamungkas (83’). Satu gol lainnya dihasilkan Rafinha (74’).

Kemenangan yang diraih membuat Barcelona mempertahankan posisi puncak klasemen, kini dengan 88 poin dari 37 laga. Blaugrana ditempel ketat Real Madrid, yang pada waktu bersamaan menang 3-1 atas Valencia di Estadio Santiago Bernabeu. Madrid di peringkat kedua dengan 87 poin, hanya selisih satu poin. Sementara itu Espanyol yang kalah di peringkat 15 dengan 40 poin.

Barcelona unggul cepat pada menit kedelapan, berkat tendangan bebas Messi dari pelanggaran Victor Alvarez terhadap dirinya di luar kotak penalti Espanyol. Tendangan bebas Messi menggunakan kaki kiri melengkung melewati pagar betis pemain Espanyol lalu melesak masuk ke pojok kiri atas gawang lawan. Gol ini merupakan gol ke-26 Messi dalam 32 pertandingan La Liga yang diikutinya musim ini.

Pada menit ke-10 tendangan Messi dan Neymar diblok kiper Espanyol Pau Lopez, lalu Ivan Rakitic menceploskan bola ke gawang. Tapi tak ada gol terjadi, karena Rakitic dianggap telah berada dalam posisi offside. Padahal, posisi seorang pemain Espanyol terlihat membuat Rakitic onside. Dua menit berselang Messi menerima kartu kuning karena melanggar Alvarez.

Di sisa waktu babak pertama Barcelona kesulitan untuk menembus pertahanan Espanyol yang bermain keras. Empat pemain Espanyol menerima kartu kuning dalam upaya mencegah pergerakan pemain Barcelona. Tapi hasilnya hanya gol Messi terjadi di babak pertama.

Cerita berbeda terjadi di babak kedua, dimana Barcelona dapat menambah empat gol. Sekitar tujuh menit babak kedua berjalan, Suarez menggandakan keunggulan Barcelona. Berawal dari keberhasilan Daniel Alves melakukan intersep terhadap umpan yang diluncurkan bek Espanyol Pape Diop. Alves lalu mengoper Messi, yang lalu memberikan umpan matang yang bisa diselesaikan Suarez dengan tendangan kaki kanan.

Pada menit ke-61, Suarez mencetak gol ketiga Barcelona sekaligus gol keduanya dalam laga. Ia menanduk umpan sepak pojok yang diluncurkan Neymar. Gol ini merupakan gol ke-37 Suarez dalam 34 pertandingan La Liga musim ini, mantap menempatkannya sebagai calon pencetak gol terbanyak alias el pichichi.

Rafinha lalu mencetak gol ke-empat Blaugrana pada menit ke-74, hanya semenit setelah masuk lapangan menggantikan Rakitic setelah pulih dari cedera panjang. Bola yang diluncurkan Neymar ke kotak penalti Espanyol gagal ditangkap Lopez, hingga dengan mudah disontek Rafinha menjadi gol.

Neymar pada akhirnya menorehkan namanya di papan skor pada menit ke-83. Umpan lambung Alves diteruskan Messi dengan umpan matang yang dapat dituntaskan Neymar dengan sontekan kaki kanan. Berkat gol Neymar, Barcelona mengakhiri laga dengan kemenangan 5-0.

 

Susunan Pemain

Barcelona: 1 Marc-André ter Stegen; 3 Gerard Piqué, 6 Dani Alves, 14 Javier Mascherano (booked 90’), 18 Jordi Alba (24 Jérémy Mathieu 70’); 4 Ivan Rakitic (12 Rafinha 73’), 5 Sergio Busquets, 8 Andrés Iniesta (7 Arda Turan 73’); 9 Luis Suárez, 10 Lionel Messi (booked 12’), 11 Neymar

 

Espanyol: 13 Pau López (booked 69’); 3 Rubén Duarte, 5 Víctor Álvarez (booked 36’), 6 Enzo Roco, 16 Javí López (booked 63’); 4 Víctor Sánchez, 12 Pape Diop, 14 Jose Canas (booked 39’)(11 Francisco Montañés 72’); 17 Hernán Pérez (booked 27’) (2 Rober 66’(booked 69’)), 20 Felipe Caicedo (7 Gerard Moreno 45’), 25 Marco Asensio

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: