Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Luca Toni Akhiri Karir dengan Mencetak Gol ke Gawang Juventus

75
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Striker gaek Hellas Verona Luca Toni mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional dengan kepala tegak. Toni mencetak gol ke gawang Juventus, juara Serie A dan klub yang pernah dibelanya, lewat titik putih pada menit ke-43 dalam pertandingan Serie A yang berlangsung di Stadio Marc’ Antonio Bentegodi, Senin (9/5/2016) dini hari WIB.

Gol Toni plus gol Federico Viviani pada menit ke-55 hanya bisa dibalas Juventus lewat gol Paulo Dybala melalui penalti pada menit 90+4, sehingga Verona meraih kemenangan 2-1 dalam laga ini.

Meski menang, namun tak mengubah kenyataan bahwa Verona telah terdegradasi ke Serie B sebagai juru kunci Serie A musim ini. Verona saat ini mengumpulkan 28 poin dari 37 laga. Juventus yang kalah tetap mengumpulkan 88 poin.

Toni, yang memainkan laga ke-344 di Serie A nyaris membuat Verona unggul pada menit ke-38. Tendangannya menerpa tiang gawang kanan Juventus yang dikawal kiper Neto. Tiga menit berselang, penalti didapat Verona setelah Eros Pisano dilanggar Alex Sandro di kotak penalti Juventus. Atas perbuatannya Sandro menerima kartu kuning.

Penalti lalu dengan percaya diri diambil oleh Toni. Ia menaklukkan Neto dengan sebuah penalti panenka, melambungkan bola masuk ke gawang La Vecchia Signora dengan tendangan kaki kanan. Gol ini merupakan gol ke-157 yang ditorehkan Toni, yang akan berusia 39 tahun bulan ini, di Serie A.

Sekitar 10 menit babak kedua berjalan, Viviani menggandakan keunggulan Verona. Dalam sebuah serangan balik, Viviani menuntaskan umpan Artur Ionita dengan sepakan kaki kanan.

Pada menit ke-60, Simone Zaza nyaris memperkecil ketertinggalan Juventus. Namun kiper Pierluigi Gollini dengan sigap menepis bola hingga membentur tiang gawang lalu keluar lapangan. Tiga menit berselang, giliran tendangan Ionita ditepis Neto keluar lapangan.

Pada menit ke-69, tendangan Dybala dari luar kotak penalti Verona ditepis Gollini keluar lapangan. Lalu sundulan Zaza terhadap umpan silang Sandro dapat diamankan sang kiper.

Lima menit sebelum babak kedua usai, Toni yang letih digantikan Juanito Gomez. Saat meninggalkan lapangan, maka berakhir sudah karir profesional Toni sebagai seorang pesepakbola. Verona masih akan bertandang ke markas Palermo di pekan terakhir Serie A musim ini yang berlangsung 16 Mei mendatang. Tapi Toni tak ikut serta pertandingan tersebut. Saat meninggalkan lapangan, Toni menerima standing ovation dan tepuk tangan meriah dari seluruh penonton dan pemain yang hadir di stadion.

Pada injury time, Sandro menerima kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-90+2 karena melanggar Pawel Wszolek. Bermain 10 pemain, Juventus memperkecil ketertinggalan lewat penalti Dybala pada menit ke-90+4. Penalti diberikan setelah Zaza dilanggar Filip Helander di kotak penalti Verona.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: