Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Uni Eropa Hadirkan “Bulan Eropa” di Indonesia

58
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Jakartakita.com – Dalam rangka ‘Hari Eropa’ yang jatuh pada tanggal 9 Mei, Uni Eropa mengadakan berbagai perayaannya di Indonesia. Hari Eropa diperingati sebagai simbol perdamaian dan persatuan di Eropa. Hari eropa memiliki tujuan untuk mengingatkan orang-orang bahwa Uni Eropa secara aktif menjangkau ke bagian lain dari dunia dan membangun hubungan yang lebih erat antara Eropa dan Indonesia.

foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guérend menuturkan “Makna dari hari eropa ini adalah untuk mengingatkan kepada orang-orang tentang tanggal berdirinya Uni Eropa. Hari Eropa bukanlah hari nasional tapi tanggal 9 Mei merupakan tanggal bersejarah bagi Uni Eropa. Yang dimana tujuan dari dibentuknya Uni Eropa itu sendiri adalah menciptakan wilayah yang lebih damai dan makmur.

Selama dua tahun terakhir, Delegasi Uni Eropa merayakan Pekan Eropa di Indonesia. Tetapi karena ruang lingkup kegiatan budaya dan kerjasama meluas jaug melampaui jangka waktu sepekan, maka dari itu pada 2016 ini digagaslah Bulan Eropa.

foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy
foto: Jakartakita.com/Daniel Weldy

Bulan Eropa 2016 berfokus pada gagasan untuk membawa khalayak lebih dekat lagi melalui seni, budaya, kerjasama, olahraga dan pendidikan. Serangkaian perayaan yang diadakan oleh Uni Eropa diawali dengan Festival Film Eropa ke-16 ‘Europe on Screen 2016’ yang dilaksanakan dari 29 April – 8 Mei 2016 di enam kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta. Europe on Screen ini menampilkan 78 film dari 22 negara Eropa.

Kemudian pada 11 Mei mendatang akan dilaksanakannya peluncuran Blue Book di Hotel Le Meridien. Blue Book merupakan laporan tahunan tentang kerjasama pembangunan Uni Eropa dan Indonesia. Nantinya juga akan dilakukan diskusi tentang tata kelola pemerintahan yang baik dengan panelis termasuk Duta Besar Uni Eropa, perwakilan dari pemerintah Indonesia, DPR dan masyarakat umum.

Pada 15 Mei mendatang juga akan dilaksanakannya loma lari ‘EU Run’ yang akan berlangsung di Jalan Sudirman, Jakarta. Yang dimana na yang terkumpul dari perlombaan ini akan diamalkan untuk membantu kesejahteraan anak-anak Indonesia melalui beberapa yayasan.

Dan pada 28 Mei, akan dilaksanakannya Pameran Beasiswa Uni Eropa-Indonesia yang berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel pada pukul 09:00-16:30. Acara ini merupakan kesempatan besar bagi pelajar, orang tua, akademisi dan masyarakat umum untuk mengetahui segalanya tentang beasiswa yang ditawarkan oleh Uni Eropa dan negara-negara anggotanya untuk belajar di universitas-universitas di Eropa. Selain itu, selama bulan Mei ini, berbagai negara anggota Uni Eropa seperti Republik Ceko, Perancis, Italia, Belanda, Portugal dan Swedia akan menyelenggarakan banyak kegiatan seni dan budaya di Jakarta.

 “Dalam Bulan Eropa ini, masyarakat Indonesia tidak hanya akan mengenal lebih dekat budaya dan tradisi eropa, tetapi mereka juga akan menambah wawasan tentang kegiatan Uni Eropa di Indonesia, mulai dari hubungan politik sampai kerjasama pembangunan, dari pertukaran budaya sampai pertukaran di bidang pendidikan.” tambah Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guérend.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: