Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sebanyak 109 SMP di Jakarta Laksanakan UNBK

38
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilakukan dengan Berbasis Komputer (UNBK) telah diikuti oleh 109 SMP dari total 1.534 SMP di Jakarta, Senin (9/5/2016). Sedangkan 1.425 sekolah lainnnya masih melaksanakan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). UN SMP dilaksanakan serentak pada tanggal 9-12 Mei 2016 di seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Walaupun tahun ini merupakan pertama kali UNBK diadakan, namun mengalami kenaikan 13 persen karena tahun lalu sama sekali belum ada dan tahun 2017 baru semua sekolah akan melaksanakan UNBK. Demikian dijelaskan Sopan Adrianto sebagai Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta kepada media.

Dia yakin pengerjaan soal UNBK tidak akan menemui kendala koneksi. Sebab tim ahli IT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menurut Sopan, ditempatkan di setiap sekolah yang menggelar UNBK. (Soraya Jenitta Marsha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: