Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis untuk “Biker”

46
foto: Kemenhub
foto: Kemenhub

Jakartakita.com – Kabar gembira bagi Anda para ‘biker’ atau pengendara motor yang berencana untuk mudik ke kampung halaman pada lebaran mendatang. Pasalnya, Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis dengan menggunakan bus dan kereta api.

Pendaftaran online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id sudah bisa dilakukan sejak hari Jumat (13/5/2016) hingga 12 Juni mendatang. Sementara, pendaftaran offline bakal dibuka 16 Mei hingga 12 Juni 2016 di booth pendaftaran yang digelar Kemenhub di beberapa titik keramaian.

Program mudik gratis pengguna sepeda motor tahun ini menjangkau 9 kota tujuan. Yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus balik, terdapat 3 kota tujuan. Yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp 20 miliar untuk menyediakan kuota sebanyak 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang. Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang. Dan arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang.

Jumlah kuota sepeda motor tersebut mengalami kenaikan sebesar 275 persen dari tahun lalu. Yaitu sebanyak 3.200 sepeda motor.

Pemberangkatan sepeda motor pada 1 Juli 2016 di Kantor Bulog Divisi Regional I Kelapa Gading Jakarta Utara. Adapun pemberangkatan penumpang pada 2 Juli 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sedangkan untuk arus balik, sepeda motor diberangkatkan dari kota tujuan pada 16 Juli 2016 dan penumpangnya pada 17 Juli 2016.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan, STNK masih berlaku dan membawa identitas diri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: